Hai Bunda, daftar disini

Ati Sukmawati

Ati Sukmawati

Umum

Cara mendidik anak usia 2 tahun

hallo bunda..................

Anaku usianya 2 tahun 7 bulan bagaimana cara mendidik anak umur segitu sapaya tidak terpengaruh oleh lingkungan yang tidak baik maksud ku lingkungan di sini anak2nya kebanyakan pada nakal dan kalu bicara asal.

thanks

Komentar
2 Komentar
PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Halo bunda.. Pada usia 2 tahun si kecil memang tengah banyak menyerap informasi ataupun belajar lewat kegiatan meniru apa yang tampil dalam lingkungan. Saat si kecil berbicara kata yang tidak pantas, cobalah untuk tidak langsung memarahinya. Tanyakan kepadanya apakah arti dari kata yang ia sebutkan. Seringkali anak menyebutkannya tanpa ia mengetahui maknanya. Bunda bisa menjelaskan mengenai arti kata tersebut dan menjelaskan bahwa kata tersebut hanya bisa digunakan untuk situasi atau kalimat seperti apa. Berikan pengertian bahwa kata-kata tersebut tidak bisa digunakan dalam komunikasi sehari-hari karena dapat membuat orang lain merasa sedih. Sementara itu untuk perilaku nakal yang dilakukan teman sebayanya, bunda bisa mengatakan bahwa perilaku tersebut tidak bisa dilakukan karena tidak baik dan dapat menyebabkan orang lain merasa sedih atau marah. Berikan alternatif perilaku lain yang lebih sesuai. Yang perlu diingat kita memang tidak dapat merubah lingkungan di luar kita, kita juga tidak mungkin mengurung anak terus di rumah hanya agar ia tidak bertemu dengan lingkungan yang mungkin memberikan contoh yang tidak baik. Yang perlu kita lakukan adalah kita menanamkan nilai-nilai yang positif di rumah kepada anak lewat ucapan, aktivitas sehari-hari ataupun kegiatan bercerita atau bermain bersama. Dengan demikian, saat anak mendapatkan contoh yang tidak baik dari lingkungan, ia telah mengetahui dan memiliki dasar nilai yang positif yang sudah ditanamkan orangtua. Salam

Lies Andriani
Lies Andriani -

Anak saya juga berusia 2 tahun 3 bulan dia aktif ditanya selalu bisa menjawab saya sering mengajak bicara sewaktu masih 1 tahun dan memberi contoh apa yang boleh dilakukan apa yang tidak, mana yang boleh ditiru mana yang tidak, karena saat ini dia mulai ingin mengenal, mendengar, melihat sekitar dan berinteraksi saya harus berhati-hati menjaganya kadang saya berlakukan hukuman kecil dan ringan bila dia melakukan kesalahan seperti saya melarang dia nonton film kartu kesukaannya tapi mengajaknya bermain dengan mainan kesukaanya. ini pengalaman saya selama bermain bersama sikecil.