Hai Bunda, daftar disini

Siti Jazimah

Siti Jazimah

Umum

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat....

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Flu

Untuk mengatasi Hidung tersumbat saat flu, banyak orang menggunakan semprotan hidung untuk meredakan hidung tersumbat (dekongestan) tanpa resep dokter. Namun, obat ini tidak untuk semua orang dan ada beberapa risiko kesehatan karena meminum obat tertentu, terutama obat semprotan hidung dan dekongestan. Cedera yang menyebabkan penyempitan sinus biasanya memerlukan pembedahan. Namun hidung mampet karena pilek, flu, alergi atau konsumsi makanan tertentu dapat dihilangkan dengan obat-obatan alami.

Berikut ini ada beberapa Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Flu yang berita terbaru kita ambil dari berbagai sumber terpercaya, cekidot

1. Larutan Air Garam

Mengaliri sinus menggunakan larutan air garam encer seringkali efektif dalam mengatasi sinus mampet. Sebuah wadah kecil serupa seperti teko mini yang disebut 'neti pot' biasa digunakan untuk mengalirkan larutan garam tadi ke hidung. Banyak orang yang telah mencobanya, dan hasilnya cukup memuaskan untuk meredakan hidung tersumbat.

2. Menghirup Zat Aromatik atau Inhaler

Cara lain untuk mengatasi hidung mampet adalah dengan menghirup uap zat aromatik seperti mentol atau kayu putih. Produk inhaler yang mengandung mentol, minyak peppermint, dan Cajeput eucalyptol, komponen dari kayu putih cukup manjur. Cukup dengan meletakkan inhaler tepat di bawah hidung, kemudian dihirup, maka uap dari inhaler akan melonggarkan sinus.

Produk aromatik lain dari bahan-bahan yang sama juga dapat membantu. Jika anda mengalami hidung mampet, isilah bak mandi dengan air panas, teteskan 4 - 5 tetes minyak aromatik, masuklah ke bak mandi, lalu hirup uapnya.

3. Minyak dan Suplemen Kayu Putih

Minyak dan Suplemen Kayu Putih adalah cara lain untuk mengatasi hidung tersumbat, ceranya dengan menghirup obat batuk berbahan dasar kayu putih. Ketika obat ini dihirup, maka sinus akan terbuka. Produk suplemen berbahan dasar kayu putih juga efektif. Kapsul kecil yang mengandung ekstrak kayu putih dapat membersihkan hidung tersumbat. Produk ini baik untuk mengatasi gangguan hidung mampet yang lebih parah.

4. Menthol

Peppermint mengandung mentol, dan ketika minum teh peppermint, mentol didalam teh akan menyebar sampai ke dalam sinus dan membantu untuk melebarkan sinus. Peppermint tidak sekuat kayu putih, tetapi seringkali bekerja dengan baik.

5. Hindari Susu

Banyak orang yang tidak dapat mentoleransi produk susu, tapi orang sering tidak menyadarinya dan mengalami sinus tersumbat selama bertahun-tahun pada suatu waktu. Jika menderita sinus tersumbat yang kronis, hindari semua produk susu, keju, dan krim untuk sementara waktu. Jika menghindari susu dapat membuat sinus lebih lega, maka besar kemungkinan penyebab sinus tersumbatnya disebabkan oleh konsumsi susu.

6. Hindari Penyebab Alergi

Zat penyebab alergi dari lingkungan seperti debu, ragi dan jamur juga dapat menyebabkan gangguan pada sinus. Penyaringan udara yang tidak memadai di kantor atau lingkungan yang tidak bersih dapat menyebabkan gangguan sinus yang tidak berhenti meskipun telah mencoba berbagai cara untuk mengatasinya.

7. Posisi Tidur

Saat akan tidur, usahakan posisi kepala lebih tinggi. Hal tersebut berfungsi untuk mengurangi pembentukan lendir. Setiap gerakan dalam tidur, akan memberikan tekanan pembentukan lendir, maka dari itu usahakan untuk tetap menjaga posisi tidur dengan wajah menghadap langit-langit.

8.Bawang merah.

Aroma pedas bawang merah ternyata ampuh untuk menyingkirkan hidung yang tersumbat. Anda cukup mengupas lalu memotong bawang menjadi dua, kemudian cium aroma bawang selama lima menit.

9. Konsumsi makanan pedas.

Kandungan dari zat yang disebut capsaicin pada rempah pedas seperti cabai dan merica, dalam sekejap akan membersihkan rongga hidung karena lendir yang ikut keluar.


10. Minum kopi atau teh hangat

Uap yang dihasilkan dari minuman panas tersebut akan membantu mengencerkan lendir.

Komentar
0 Komentar