Hai Bunda, daftar disini

Febrianti Budiman

Febrianti Budiman

Umum

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Air Es ?

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Diantaranya mitos mengenai ibu hamil yang dilarang meminum air es karena dikhawatirkan tubuh bayi menjadi besar sehingga sulit untuk dilahirkan. Padahal banyak ibu hamil yang tergoda untuk minum air es, terlebih jika cuaca panas.

Mitos ini tidak benar dan air es tidak akan menyebabkan tubuh bayi menjadi besar. Faktor yang membuat bayi menjadi besar saat dilahirkan lebih pada karena sang ibu yang memiliki turunan penyakit kencing manis (diabetes). Ibu hamil diperbolehkan mengkonsumsi air dingin asalkan porsinya tidak terlalu banyak dan bukan air es yang mengandung rasa manis.

Rasa manis disini maksudnya yaitu sirup dingin, jus dingin, dan minuman yang mengandung banyak pemanis. Satu hal yang perlu Anda ingat, jika manusia mengkonsumsi air es, maka tubuhnya harus membakar kalori atau lemak untuk meningkatkan temperatur dari minuman dingin tersebut. Hal ini pun berlaku jika Anda mengkonsumsi air yang terlalu panas, dimana tubuh akan menyesuaikan temperatur dengan air yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu jika ibu hamil mengkonsumsi air es, maka tubuhnya akan bekerja keras dalam mengurangi kalori di tubuhnya karena air dingin yang masuk ke dalam tubuhnya harus disesuaikan dengan suhu tubuhnya. Jika Anda mengkonsumsi air dingin setelah makan, dapat memperlambat pencernaan dan menyerap makanan padat lebih lama. Untuk itu ada baiknya jika ibu hamil mengkonsumsi air hangat setelah makan. Dan penting bagi ibu hamil untuk selalu mengontrol kadar gula darahnya selama hamil agar bayi tidak terlahir dengan bobot yang besar.

Meminum air es memang diperbolehkan bagi ibu hamil, asalkan tidak berlebihan dan dengan menggunakan air putih biasa. Dan usahakan menghindari meminum air es setelah makan.

Komentar
1 Komentar
Syahriani Syahruddin
Syahriani Syahruddin -

saya sudah pernah membaca artikelnya, tidak boleh berlebihan, kerena perut kita pada saat hamil mengalami peregangan, jadi kalau ditambah air es makin mempercepat peregangan.