Hai Bunda, daftar disini

Rika Halida

Rika Halida

Umum

Berbagi pengalaman: mengatasi anak ngompol

Saya ingin sedikit berbagi pengalaman mengatasi anak suka ngompol, anak pertama saya (3 th) dulu sering sekali mengompol, hampir tiap malam, bahkan tidur siangpun kadang dia ngompol. Hingga suatu ketika saya bca sebuah artikel tentang Hipnoparenting dimajalah. Saya coba praktekkan metode hipnoparenting, tiap hari menjelang dia tidur saya bisikkan kalimat "Kakak sudah besar tidak ngompol lagi". Dan ternyata metode ini cukup efektif ,lama-lama mulai berkurang ngompolnya dan sekarang dia sudah tidak ngompol lagi. Pada prinsipnya adalah pengulangan, tidak perlu kalimat yang panjang asal anak mengerti, misal : kakak tidak ngompol lagi atau kakak pipis dikamar mandi,dll. Semoga bermanfaat.

Komentar
33 Komentar
Ayu Ardiana
Ayu Ardiana -

ok bgt..............

Harliza Diah Purnomowati
Harliza Diah Purnomowati -

wah makasih infonya...tapi karena kemarin-kemarin belum tahu, saya menerapkan metode sebelum tidur pipis dulu, dan membiasakan membangunkannya tiap dia gelisah dan membawanya ke kamar mandi. Mereka sudah tidak lai ngompol selepas 2 tahun

Siti Zumaratun Fatonah
Siti Zumaratun Fatonah -

terimakasih infonya bunda...hipnoparenting bs diterapkan pada banyak hal..tidak hanya untuk mengatasi ngompol..bisikan-bisikan mustajab untuk anak kita adalah ketika anak hendak tidur, anak tidur, bangun tidur, habis mandi, habis sholat, selesai ibadah, dan ketika anak habis dimarahi....itu menurut saya lho ya...dicoba aja bunda....karena memang intinya ada pada pengulangan...

Muli Hatin
Muli Hatin -

anak q jg msh sk ngompol.tp,sblm tdr aq srh pipis dl dkamar mandi.atau klu dia terjaga dr tdr aq suruh pipis lg.jd skrg anak q sdh jarang ngompol nya.

Ary Yuniarti
Ary Yuniarti -

saya juga sedang mencoba seperti itu untuk menyapih aretta, supaya tidak nenen lagi... tapi memang butuh kesabaran :) karena seringkali saya juga kalah kalau melihat tatapan matanya yang masih merindukan nenen :)

Norie Christian
Norie Christian -

Yaaa... cara seperti itu ampuh banget bunda...ga cuma biar ga ngompol aja, bisa dalam hal yang lain....Misalnya kl aku : ketika anakku terlihat cape (krn biasanya kl kecapean tdrnya pasti ga nyenyak). 5 menit setelah dia memejamkan mata ( kl bisa jngn sampe menunggu dia tertidur lelap), aku selalu membisikan kata2x "tdr yang nyenyak ya sayang" biasanya aku ulang 3 - 4 x. dan AMPUH tdrnyapun lelap n tenang, ketika bangun pagipun aku lihat dia tdk terlihat malas2xan...pokoknya terlihat lebih Fresh deeehh..... :-)

Nevvy Haryunistiane
Nevvy Haryunistiane -

Sip dicoba... Hemat pospak..

Desi Surya
Desi Surya -

nice info ya bunda

Renny Dwiana
Renny Dwiana -

makasih infonya ya bunda...mau saya praktekin ahh buat si dedek.......mudah2an berhasilll

Rahmiati Azhar
Rahmiati Azhar -

Iya, sy juga pernah denger ttg hypnoparenting, tp ada yg bilang, bahwa waktu kita bisikin kata2 ke anak itu harus kata2 yg positif, tdk boleh mengandung kata2 "tidak" atau "jangan". bener gak sih bun?

Yuni Sulistiyaningsih
Yuni Sulistiyaningsih -

thank infonya bunda.....

Rina Raddin
Rina Raddin -

saya setuju sekali bun, saya di rumah juga sudah mencobanya. walaupun anak saya baru usia 2th tp sudah jauh berkurang ngompolnya. Setiap malam ketika mau tidur saya bisikan " kakak khumaira sudah besar mau masuk sekolah jangan ngompol lagi yah". Begitu setiap malam. alhamdulillah ngompolnya tidak tiap malam dan sudah jarang.

Ida Saidah
Ida Saidah -

Terima kasih bu...........?! alkhamdulillah anak saya sebelum tidur pipis dulu,jd tidak ngompol,tapi saya mo nyoba nich metode Hipnoparenting.... terima kasih ya infonya....^_^

Suswanti
Suswanti -

wah bener neh bunda.....
klo gtu mau ah aq praktekin bwt ankku,
thanks ats tips nya y bun smoga berhasil.

Puji Hastuti
Puji Hastuti -

makasih tipsnya .... mo tak terapin ke kedua balitaku .... makasih ...

Ratna Swastika
Ratna Swastika -

Terima kasih bunda infonya . anak saya 2 tahun 10 bulan masih ngompol klo malam hari. sebelum tidur saya juga bilang " dede nanti malam klo mau pipis bilang ya" . kadang2 saya angkat pada saat dia tidur akhirnya dia nangis setelah itu. nanti saya coba metode bunda....

Budwi Lestari
Budwi Lestari -

ya ya trimakasih jg buat pengetahuan yg ditularkan ke kt.sy jg tdk sdr tlh melakukan nya tp mgkin krn krg telaten kali ya

Dessy Meisa Hidayati
Dessy Meisa Hidayati -

Tips nya Terima kasih ya Bun.. anak saya usia nya 3 th, masih suka ngompol dan kencing di celana, saya akan coba dengan metode hypnoparenting,...

Ari Frestiana
Ari Frestiana -

Wah, makasih yach buat infonya, anakku yg pertama usia 4th masih ngompol bahkan terkadang sudah bangun pun dia masih ngompol dikasur, kadang" sampe berantem ama anak karena ngga mau dipake'in diapers....mudah"an berhasil yach...amin

Novi Indriani
Novi Indriani -

thans ya,sepertinya perlu saya coba...