Hai Bunda, daftar disini

Lia Jasmine

Lia Jasmine

Umum

Beberapa Cara Sterilkan Botol Susu Bayi

Setiap selesai memberikan susu, bersihkan dan cuci botol, dot, dan semua peralatan dengan sabun, sikat, dan air bersih lalu bilas dng air hangat untuk membersihkan noda susu yang ada. Lalu lakukan sterilisasi untuk semua alat yang digunakan.
Sterilisasi botol dan alat-alat dilakukan paling sedikit sampai bayi berusia 1 tahun. Karena sistem pertahanan tubuh bayi usia 6-12 bulan belum sempurna sehingga gampang terinfeksi kuman yg mungkin menempel pada bekas susu yg hanya dicuci.
Beberapa cara Sterilisasi yg dapat digunakan :
Menggunakan Tablet atau cairan kimia, Setelah botol dicuci bersih, rendam dlm air biasa yg sudah diberikan tablet cairan kimia sesuai takaran untuk sterilisasi botol. Sisihkan gelembung udara ,lalu rendam satu jam sesuai petunjuk. Cuci tangan sebelum mengangkat seluruh botol dan peralatan dari rendaman. Letakan pada wadah yg bersih. Cuci dengan air dingin dan air hangat sebelum digunakan.
Menggunakan alat Sterilisasi Listrik yang banyak dijual dipasaran, Setelah botol dan semua peralatan dicuci bersih, masukan kedalam alat sterilisasi ini dan gunakan sesuai petunjuk yg ada pada setiap alat sterilisasi . Biasanya hanya memerlukan waktu 8-12 menit.
Merebus Botol , Masukan semua botol dan peralatan ke dalam panci berisi air mendidih dalam keadaan tengkurap dan terendam air seluruhnya. Lalu rebus dan didihkan air selama 10 menit , sedangkanuntuk dot selama 4 menit. Angkat dan keringkan, lalu simpan diwadah tertutup sampai digunakan lagi. Panci dan wadah hanya digunakan untuk merebus botol.
Dari cara tersebut diatas , Jenis sterilisasi yg terbaik tergantung pada kenyamanan Bunda. Kebanyakan sterilisasi listrik adlh cara termudah dan terefisien, tapi memerlukan biaya yg lebih mahal untuk membeli alat sterilisasinya
Pilihlah metode sterilisasi yg sesuai dengan kondisi ekonomi Bunda dan nyaman untuk Bunda gunakan.
SEMOGA BERGUNA......



Komentar
4 Komentar
Lia Jasmine
Lia Jasmine -

iya aku juga masih pake panci nih buat rebus botolnya jasmine..

Yulia Mulyana
Yulia Mulyana -

hehe...botol botolnya syaffa masih digodog tiap mau dipake, bun. setelah disapih jumlah botolnya makin banyaaaakkk...dia makin nangih nyusu

Elsa Sulistiyani
Elsa Sulistiyani -

aku menggunakan panci bund murah meriah ok tukeran like ya

Gianty Tifani
Gianty Tifani -

tks y bun info nya..like u..