Hai Bunda, daftar disini

Ika Nuryati Tanuwidjaya

Ika Nuryati Tanuwidjaya

Umum

Bagaimana caranya untuk menghadapi anak yang super aktif(tolong jawab)

Saya mempunyai Putri yang super aktif kami di buat kewalahan olehnya, karena gak bisa diam....terkadang kalau saya sudah kelelahan dengan tingkah lakunya , saya suka omelin.
Maka dari itu saya minta tolong untuk mengatasinya bagaimana....?
Terima kasih.

Komentar
9 Komentar
Sri Anggeraeni
Sri Anggeraeni -

pakar psikolog, nice info

Kurnia Yuni
Kurnia Yuni -

hallo bundasalam kenal ya......sy jg punya putra yg sangat aktif sekali usianya 3 tahun.tidak pernah bs diam selalu kesana-kemari.tp semua aktifitas yg dia lakukan sy biarkan selama itu tidak membahayakan dirinya

Ika Nuryati Tanuwidjaya
Ika Nuryati Tanuwidjaya -

Terima kasih atas jawabannya...

Maryati Mar
Maryati Mar -

Anak saya juga sangat aktif,selalu bikin masalah dengan teman2 nya,cara mengatasinya dengan sabar,selalu mengawasi bila bermain dengan teman2 nya,jngan pernah mengomeli karna itu akan membuat dia semakin menjadi,menegur dengan baik2 dengan berbicara halus,Alhamdulilah biarpun ngk 100persen tp Lumayan lah.

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Sayang sekali Bunda tak menyebutkan berapa usianya. Kalau masih batita, sebaiknya anak memang super aktif. Justru Bunda harus cemas kalau dia sering bisa duduk tenang lebih dari 10 menit dan bukan karena mengantuk. Kalau sudah sekitar 4-5 tahun, biasanya sudah mulai masuk sekolah, Bunda perlu bertanya kepada gurunya bagaimana dia di sekolah. Biasanya anak yg superaktif cenderung cerdas, dan cepat menangkap apa yang diajarkan, walaupun ia masih belum terlalu betah duduk. Tapi kalau sering sekali kehilangan konsentrasi dan lupa, perlu juga dicemaskan.

Soal kelelahan, mau tak mau kita sebagai orangtua nih perlu lebih fit dan energik. Kalau kita lebih suka duduk atau tidur-tiduran di depan TV, tentu saja anak akan kurang mendapat stimulasi. Padahal stimulasi terbaik buat anak adalah lewat bergeraknya itu.

Coba Bunda cek lagi berbagai pertanyaan dan jawabannya di website ini, moga2 akan mengurangi ’niat’ ngomelnya dan justru menemukan cara-cara cerdas untuk menangani keaktifan anak.

Khayati Mumtazatul
Khayati Mumtazatul -

Biarkan dia mengungkapkan semua ekspresinya asal tidak membahayakan... jangan terlalu dikerasi, mungkin itu salah satu bentuk melatih kecerdasan juga lho

Triwik Sri Hartatik
Triwik Sri Hartatik -

anak sy cowok jg sangat aktif. Dia paling ndak bisa kalo di bilangin apalagi diomeli. kalo kita dikasih tahu dengan keras/diomelin dia malah makin jadi. Cara ngatasinya adalh dng cara halus, kasih tau dia dgn cara ngobrol atau pas lg asyik main dibilangi dengan halus dan kasih contoh, kalo begini nanti akibatnya begini...
lumayan berhasil jg.

Ni Putu Ayu Ary Oka Ayu
Ni Putu Ayu Ary Oka Ayu -

halo bunda salam kenal ya dan sun chayank buat putrinya..sy jg punya putra yg aktif skali ..akhirnya sy belikan putra sy mainan spti bola ,mobil2an,jg sy belikan pensil warna dan buku gambar..dgn maksud mengalihkan perhatiannya..sekarang putra sy suka skali bermain lempar2 bola dgn ayahnya..

Helnih Helnih
Helnih Helnih -

anak saya juga sama sangat aktif ,diomelin juga tetap aja.sekarang saya biarkan aja selama itu tidak membahayakan nya.