Hai Bunda, daftar disini

Shirley Thiorysia

Shirley Thiorysia

Umum

Bagaimana cara menidurkan dua anak berbeda usia?

Saya ibu dengan 2 anak, anak pertama 2,5 tahun dan anak kedua 1,5tahun. Selama ini tiap kali tidur malam, saya selalu bergantian menidurkan mereka. Mulai dari yang paling besar baru kemudian si kecil, demikian pula sebaliknya, dilihat dari kondisi siapa yang terlebih dahulu mengantuk. Belakangan ini saya hendak mengubah pola tsb, saya ingin membiasakan mereka untuk tidur bersama-sama namun saya masih mengalami kesulitan karena apabila mereka bersama-sama dalam satu ruangan, pasti ngga pengen tidur, malah jadi main,lompat sana sini. Adakah yang punya solusi bagaimana mengatasi masalah ini? Trims

Komentar
2 Komentar
Dwi Handayani
Dwi Handayani -

Bisa saja kedua anak ditidurkan dalam satu kamar. Setelah ditentukan jam tidur (misalnya jam 8), ajak masuk kamar keduanya. Setelah membacakan cerita dan cipika cipiki, katakan sekarang saatnya tidur dan bunda bisa keluar dari kamar. Biasanya.. mereka ga akan langsung tidur. Kalau mereka keluar kamar, gendong dan tidurkan lagi sambil bilang saatnya tidur. Jika msh terulang, gendong, masukan kamar dan jangan bilang apa2. Memang berat bunda, karena kita hrs mengulanginya berulang2, belum lagi tangisannya. Tapi kalau konsisten pasti berhasil.
Sumber: nanny 911's book.

Berlian Indriasari Effendi
Berlian Indriasari Effendi -

Bunda senasib nih dg saya. Anak saya cowok semua, 3,5 th dan 2,5 th. Jika salah satu sudah tidur, yang satunya lagi pasti bikin ribut,membangunkan untuk diajak main. Kadang lompat2an,kadang diam lihat VCD lagu anak2 yg diputar berkali-kali. Sekarang kalau malam, semua lampu dalam rumah dimatiin,saya,suami dan anak2 masuk kamar dan tidak boleh keluar lagi. Nonton TV atau dibacain buku cerita sampai dua-dunya tidur. Misalkan adik yang tidur duluan, saya jagain disebelahnya,sedangkan suami handle si kakak. Tapi kadang, cukup dengan ngedot susu sambil tiduran, mereka bisa tertidur sendiri.