Hai Bunda, daftar disini

Erlitna Ginting

Erlitna Ginting

Umum

Bagaimana Cara Menghadapi Anak Yang Keras Kepala

Tolong sharing dong bun, gimana caranya menghadapi anak yang keras kepala. Saya harus mengalah terus agar anak saya nggak menangis, marah atau memukul. Padahal sudah sering saya beri pengertian, tapi tetep aja keras kepala.

Komentar
3 Komentar
PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Yang membuat dia semakin keras kepala adalah karena cara Bunda memperlakukannya. Kalau anak menangis, marah, memukul, Bunda berikan apa yang dia mau kan. Yang anak tangkap adalah: untuk mendapatkan sesuatu, dia harus melakukan sesuatu yang dahsyat ini agar Bunda mau memberikannya. Pengertian yang Bunda sudah berikan mungkin saja berhasil, tapi secara kongkrit, karena anak merasakan sendiri bahwa dia mendapatkan apa yang dimintanya dengan marah, ya dia akan tetap marah.

Nah, untuk membuat dia minta dengan sopan, kalau anak sedang marah, ya tetap tak perlu diberi walaupun setelah itu ia menangis dll. Yang kita lakukan ketika dia marah, kita peluk saja, tapi tetap tak diberikan yang diminta. Bilang ke anak bahwa kalau dia meminta dengan manis baru diberikan. Nah kalau anak betul-betul berusaha manis, ya berikan, tapi kalau anak menangis, ya biarkan saja. Memang perlu ketegaran hati Bunda, tapi ujung-ujungnya anak akan paham bahwa ia harus bersikap manis, dan tak ada gunanya marah-marah.

Qomariyah -
Qomariyah - -

sabar ya bun.... emang butuh kesabaran yang max mengatasi anak-anak itu saya baru mempunyai putra 1 dan awalnya memang bikin stress ketika anak selalu aja membuat kita jengkel tapi coba dech bun kita bawa rilex dan ajak anak untuk mengungkapkan isi hatinya kenapa dia begitu,biasanya sebelum tidur saya selalu berbicara dan menanyakan tentang apa yang terjadi sehingga kamu bla...bla.... misalnya siang hari dia terus rewel dan bikin kesel BGT dech pokoknya kita sabarin aja dulu bun lalu ketika malam tiba sebelum bobo kita ajak dia bicara "sayang ....dede tuh kenapa tadi nangis terus nggak baik lho karena nanti matanya akan sakit dan tenggorokannya juga kan sakit,bunda kan cape seharian dengerin dede nangis minta ini itu, nanti telinga bunda sakit lho,nah kalau sakit semua siapa yang mau ngajak dede maen??" Or cara yang lainnya terserah bunda bagaimana enaknya yang penting sering-sering dia ajak komunikasi berdua ya bun da biasanya pada saat mau bobo itu dia mendengarkan dan akan masuk keotaknya.

Ika Indah Purwati
Ika Indah Purwati -

anaknya umur berapa bunda? biasanya karakter anak terbentuk karena adanya pengaruh orang dewasa disekitarnya. coba bunda memberi pengertian lebih sering lagi kalau belum berubah juga bunda boleh memberi hukuman tapi dalam batas2 tertentu. kalau kita terlalu keras takutnya sianak jadi lebih keras kepala