Hai Bunda, daftar disini

Neny Triana

Neny Triana

Umum

bisakah hamil saat sedang menyusui?

Menyusui memang diketahui bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya kehamilan. Jika demikian bisakah seorang ibu hamil saat sedang menyusui?

"Secara umum menyusui memang akan membuat seorang perempuan menjadi kurang subur, tapi bukan berarti infertil (tidak subur). Jadi bisa saja ibu menjadi hamil saat masih menyusui bayinya," ujar Robert Zurawin, selaku ahli ginekologi dan kesuburan, seperti dikutip dari Babycenter, Senin (9/5/2011).

Penyebab ibu yang sedang menyusui menjadi kurang subur karena hormon prolaktin yang digunakan untuk merangsang keluarnya ASI di dalam tubuh ibu juga bisa mencegah terjadinya pelepasan sel telur.

Zurawin menuturkan meski ibu yang menyusui tidak mengalami menstruasi untuk beberapa waktu selama melahirkan, tapi tubuh biasanya tetap melepaskan sel telur setelah melahirkan sebelum mendapatkan menstruasi untuk pertama kalinya. Biasanya seseorang tidak akan tahu bahwa ia sedang mengalami ovulasi sampai 2 minggu kemudian, yaitu saat ia mengalami menstruasi.

Jika seseorang menyusui bayi secara eksklusif saat siang dan malah hari, maka seseorang mungkin akan butuh waktu lama untuk menstruasi kembali. Para ahli percaya bahwa semakin lama seseorang menyusui maka semakin lama pula ia mendapatkan menstruasi kembali.

Studi menyebutkan bahwa sekitar 1 dari 50 perempuan akan hamil saat menyusui secara eksklusif jika ia tidak menggunakan alat pelindung atau kontrasepsi apapun. Dalam studi ini tidak melibatkan ibu menyusui yang bayinya sudah menerima makanan padat atau menggunakan susu formula.

Jadi jika ibu yang tengah menyusui ingin benar-benar menghindari kehamilan berikutnya, para ahli menyarankan untuk menggunakan alat pengontrol kehamilan atau kontrasepsi. Sebagian besar dokter akan menyarankan penggunaan kontrasepsi penghalang seperti kondom.

Tapi jika ibu ingin menggunakan kontrasepsi yang mengandung hormon seperti pil atau suntik, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dan tanyakan pil mana yang tidak mengandung estrogen. Karena estrogen merupakan suatu hormon yang dapat mengganggu proses laktasi

Komentar
5 Komentar
Eva Sri
Eva Sri -

Hallo bunda smuanya..ikut gabung yahh..br nie jd member..hehe..aq tertarik nie sm topiknya..kebetulan baby aq "Khalid" skrg umurnya udh 4 bln,,aq ksh ASI eksklusif,,tp stlh abis masa nifas,bln depannya aq lgsg dpt haid lg,,klo gtu bnr g seh b'arti sel telur qta sbnrnya udh mulai subur lg n siap dbuahi kmbali??soalnya skrg aq mulai worried nie bunda skalian,,bulan ini aq blm dpt haid lg,apa itu pengaruh menyusui ato jgn2 hamil lg..thanks yah bunda..mnt infonya yaahh..

Ummi Khalid..;-)

Lisa Kartika
Lisa Kartika -

gd info..likeeee ajaaa

Ria Handayani
Ria Handayani -

Bunda,pengaruh KB tiap orang kadang berbeda2,ada yg mens terus tapi ada juga yg ga mens.saya kalo suntik atau pil mens sih,tapi sedikit.....gimana kalo ikutin saran dokter aja.

Ria Handayani
Ria Handayani -

Setuju bunda,dulu saya juga langsung memakai kontrasepsi,karna ,dikhawatirkan hamil lagi,sedangkan bayi kita masih butuh perhatian extra.saat ini saya mengikuti saran dokter menggunakan kontrasepsi kondom,karna badan saya cepat sekali gemuk.

Susi Susilawati Avicenna
Susi Susilawati Avicenna -

iya sy msh menyusui..sampe skr g mensturasi nih..apa pengaruh menyusui itu..apa gara KB ya...