Hai Bunda, daftar disini

Eva Nelyana

Eva Nelyana

Umum

Apa sih bun tanda2 anak cacingan?

Anakku akhir2 ini suka ngupil dan terkadang suka sakit perut, kata temenku sih anakku cacingan. Bener ga sich bun? Apa aja ya bun tanda2nya anak cacingan? Dan umur brp anak sudah bs dberi obat cacing? Trus kalo ga ada tanda2 cacingan, apa mesti dberi obat cacing juga? Tlg share ya bun..

Komentar
3 Komentar
Rosse Line Latif S.Ikom
Rosse Line Latif S.Ikom -

Bunda, tanda-tanda cacingan terkadang membuat kita menafsirkan semua anak yang cengeng, kurang nafsu makan adalah cacingan. untuk memastikan hal tersebut, biasanya sebelum dokter memutuskan untuk memberikan obat cacing ke si anak, dokter akan memeriksa tinja si anak di lab, hal ini untuk memastikan apa yang terdapat di dalam tinja tersebut (telur cacing, atau cacing jenis apa)

Nah setelah ketahuan, dokter baru bisa menentukan obat dan dosis yang bisa diberikan ke si kecil. karena tergantung perkembang biakan cacing kalau memang si anak positif cacingan.

Arie Aleida
Arie Aleida -

Tanda dari anak cacingan biasanya anak jadi berkurang nafsu makannya dan
pertumbuhannya agak terhambat, juga tergantung dari jenis cacingnya.
Pada anak-anak tersebut juga biasanya ada keluhan nyeri di daerah perut
terutama di daerah pusar, kemudia kadang mereka mengeluh gatal-gatal di
daerah anus, atau anak akan cenderung untuk menggaruk-garuk bagian anusnya,
terutama malam hari.
Sedangkan hal-hal lain yang turut mendukung adalah kurangnya kebersihan
seperti jajan di tempat yang kotor ataupun kuku jari tangan anak-anak tidak
dipotong (mengingat anak-anak suka memasukkan jari tangan ke mulut.)
biasanya untuk mengkonsumsi obat cacing amannya diatas 2 tahun.sedangkan dibawah 2 tahun lebih baik periksa
kotorannya dulu dan bila ada indikasi baru diberikan

Mukti Mulyani
Mukti Mulyani -

Cacingan disebabkan cacing-cacing khusus (cacing gelang, cacing tambang, dan cacing cambuk) yang ditularkan melalui tanah. Tempat bersarang cacing-cacing ini di dalam tubuh manusia pun berbeda, ada yang bersarang di usus halus seperti cacing gelang dan cacing tambang. Ada juga yang bermukim di usus besar seperti cacing cambuk.
* Di dalam tubuh, telur cacing kremi menetas dan tumbuh menjadi dewasa, berukuran 0,2-0,4 inci (5 hingga 10 milimeter). Cacing dewasa dalam usus kemudian menjalar melalui sistem pencernaan untuk meletakkan telur di daerah anus.
Biasany anak y trinfeksi cacing nafsu makan brkurang, mata trlihat sering brkedip, sering terasa gatal d bagian anus, badan agak kurus. anak bisa trinfeksi cacing pd saat anak sdh bs brjalan, memakan makanan y trkontaminasi dll, sebelum anak dberi obat cacung sebaikny ibu konsultasi k dokter.