Hai Bunda, daftar disini

WIDI ASTUTI

WIDI ASTUTI

Umum

Anak yang susah makan

Saya punya dua anak,yg pertama laki2 umur 9 thn & kedua perempuan umur 4thn. Yang membuat saya bingung anak laki2 saya dengan berat badan 41 kg, saya sebut tukang makan krn jadwal makan nasi + ayam bisa sampai 5x sehari, sedangkan anak perempuan saya dengan berat badan 14kg makannya hanya mau dgn kuah santan + krupuk +nasi itupun hanya masuk beberapa suap saja dgn jadwal makan 3x sehari. Untuk keduanya saya berikan susu 456 madu dan instant coklat. Apakah ada yg punya sedikit tips untuk mengatasi masalah anak perempuan saya ?

Komentar
29 Komentar
Khusnul Khotimah
Khusnul Khotimah -

sama bunda putriku umur dua tahun juga sulit makan, saya akali kalo makan bareng sama anak - anak tetangga di rumah kalo sore ngumpul nyuapin anaknya.

Ayu Ardiana
Ayu Ardiana -

tetep semangat ya...

Yuliyana Puspitaningsih
Yuliyana Puspitaningsih -

Iya Bunda tetap semangat ya... Yg penting sehat keduanya.

Ade Prihatiningsih
Ade Prihatiningsih -

sama bun dengan anak qu juga susah makannya, gimana caranya ya biar mau makan padahal udah di kasih vitamin??

Siti Hari Asih Yuniarto
Siti Hari Asih Yuniarto -

Kadang diajak sambil jalan-jalan apa maen bareng. sambil disuapin.

Sari Yulianti
Sari Yulianti -

apa nantinya gak ktergantungan sma vitamin nantinya.?????
soal'ya anak saya pun,klo dkasih vitamin baru nafsu makan naik,klo gk minum ya turun lg,mka'y BB'y pun turun naik,

Amillia Kartikasari
Amillia Kartikasari -

coba waktu penyajian makannya di buat secantik mungkin dan coba anak di ajak memasak bersama2..

Ummu Hani
Ummu Hani -

bun,,anak saya juga susah bgt makan,,dulu pas 5bln udah mi\ulai saya kasi biskuit milna yang dihancrin,,trus ampe 8bln tetep mau makan,baik itu bubur saring,atau bubur instan,,tp semakin gedhe malah susah makannya,,skrg maunya cm bubur susu,itupun 2x shari,,gmna ya bun

Ika Yasin
Ika Yasin -

Bunda coba suasana baru. Ketika sedang makan jangan dia saja yang makan tp 1keluarga jg ikut makan. Trs sambil makan bilang sama putri ibu klo mkanan yang sedang kita makan itu lezat sekali, bisa buat sehat dan cantik. Klo tetap ga mau coba dengan lomba makan sama kakaknya ato bersama mainannya..

Amiria Prahasari
Amiria Prahasari -

biasany bun,klo yara lagi susah makan nasi.saya akalin dengan memberikanny roti,jus alpukat,susu,telur rebus,pisang&ubi rebus.pokokny yg bisa gantiin nasi,yg penting ada karbohidratny

ERVINA YULI CHANDRA
ERVINA YULI CHANDRA -

bunda, mslh si kecil yg susah makan dn pilih2 makanan itu jg sy alami. bhkan sy jg sempat konsultasi ke dkter anak.dr dkter disarankan dg berbagai suplemen penambah nafsu makan tp jg tdk seberapa ngefek. akhirnya sy coba sendiri dg memberinya minyak ikan salmon yg sdh dijual di apotik dn berupa soft capsul. selain itu jg sy rajin buatkn dia kudapan ringan tp begizi utk makanan tambahannya sehingga tdk hanya bergantung pd nasi sj. sy sering buatkan makaroni panggang dg daging cincang dn telur ayam kampung dg taburan keju. kdg jg sy buatkan kue lumpur dg ikan dn keju. atau mngkin kentang yg diberi parutan wortel dn daging lalu ditaburi keju dn dipanggang. hasilnya mmg memuaskan bunda. klo dlu dia pilih2 makanan dn hnya bbrpa suap sj makannya, skarang ini klo makan lahap sekali terlebih dg ikan. skrg sy sdh tdk lg menggunakan suplemen tambahan nafsu makan utk si kecil, kecuali minyak ikan salmon (itupun tdk sy berikn setiap hari). bunda boleh mecoba deh cara sy. trm ks. smga si kecil suka makan spt kkaknya....

Retno Wahyuningsih
Retno Wahyuningsih -

putri bunda sama dengan putri saya yg jg susah makannya, namun jgn menyerah bun.., coba berbagai variasi makanan dan menu, pasti dia akan menemukan menu kesukaannya. Seperti anak saya ternyata suka rawon, walaupun klo terus2an bosen jg sih! smg sukses bunda...,

MILA SUMILAWATI
MILA SUMILAWATI -

ya sama dengan anak2 ku, kakaknya yang cowok gembul bgtt makannya badannyajuga alhamdulillah, klo adiknya juga makan sama 3 x dlm sehari namun sedikit 4, 5 suap stop ... badanya mungkin kurang tapi tinggi sama denagan kakaknya..... kadang aku juga stress namun ya sdh dech yang penting sehat .....

Sari Rosmayanti
Sari Rosmayanti -

sepertinya masalah bunda sama dengan saya. anak saya yg pertama kalau sdh makan terkadang kami ortunya suka mengerem apa lagi kalo sudah ketemu menu favoritnya (yg pedas2) smp takut saya melihat porsi makannya sdh seperti org dewasa. apa normal dgn tinggi 127cm berat 30.5kg usia 6th? sedangkan adiknya mendengar kata makan dan nasi rasanya berat sekali. ada saja alasan yg dikatakannya, ade sdh makan td pagi, ade mau sarapannya pakai sereal aja atau ade sdh makan biskuit td. rasanya sdh semua cara dicoba tp ade tetep sulit utk diajak menyenangi makanan. usia 4th, tinggi 106cm, berat 18.5kg. ideal atau tidak ya..

Evi Setia Asih
Evi Setia Asih -

wah, sm kaya gebyar tuh bund.....umur 2,5 thn dah mlai ga mau makan......tp minum susunya kuat bgt..............

smp pussyiiiing klo dah dirayu2 blm mau jg.

Pitaloka Mayang Sinta
Pitaloka Mayang Sinta -

dulu anak ku jg susah sekali yg namanya makan.... setelah dia masuk di PG kan ada jadwal makan siang bersama... sama gurunya di kasih pengertian " mas melvin di dalam perut itu kan lambungnya kerjaterus menggiling makanan, nanti cl ga mau makan yg di giling apanya donk, bisa sakit lho perutnya kena gilingan". Jd sampe sekarang cl dia males makan inget perutnya bisa sakit karena ga ada makanan yg bisa digiling, nanti kalo gilingannya kena lambungnya perutnya bisa sakit....
Alhamdulilah sekarang makannya gampang dan lahap.....

IDA RACHMAWATI NAJWANI
IDA RACHMAWATI NAJWANI -

pancing moodnya biar seneng..........and juga sabar yah bun........

Nur Azizah
Nur Azizah -

kadang pola kita memberi makan ketika anak mulai belajar makan cenderung menu yang itu2 aja!, sehingga mereka gak mau menu yang lain. karena seringnya masak yg itu2 aja. sayapun pernah mengalami seperti itu. anak yg kedua juga sama dengan anak bunda, tapi saya coba akali dengan kreatif berbagai menu masakan..........alhamdulillah lumayan deh. coba deh bunda.

Lailatin Cahya Luthfita
Lailatin Cahya Luthfita -

anakku juga sulit bgt makan bun,saya setuju dgn pendapat para bunda,variasi makanan itu memang penting bgt bun tp jgan jauh2 dr apa yg dy suka,yah pelan2lah untuk ngasih menu baru,sm di kasih multivitamin ada yang ada penambah nafsu makannya.

Sucipto Cipto
Sucipto Cipto -

sabaaarrr budeee.....anak ada masanya ko, tar kalau makannya kenceng malah diomelin, jangan emosi dulu bude....(tar giginya copot.....)