Hai Bunda, daftar disini

Nur Sobah

Nur Sobah

Umum

Anak saya suka sekali menghisap jempol,bagaimana cara menghilangkan kebiasaan ini?

Anak saya suka sekali menghisap jempol bagaimana cara menghilangkannya karena yang saya tau menghisap jempol itu akan merubah letak gigi anak benar atau tidak ya?
terima kasih

Komentar
16 Komentar
Suharti
Suharti -

Anak saya sekarang 2thn 11 bln masih menhisap jari (telunjuk dan jari tengah) tp hanya saat tidur. Hmmm...agak susah dihilangkan. Tp selalu berusha mencoba terus agar bisa lepas dari 'menghisap jari jelang tidur'
Semoga Berhasil ;)

Ayu Ardiana
Ayu Ardiana -

ok bgt............

Yuni Sulistiyaningsih
Yuni Sulistiyaningsih -

salam kenal bunda...................

Amiria Prahasari
Amiria Prahasari -

sewaktu belva bayi,pasti klo bobo ngemut jempolny.jadi ni sudah kebisaan.karena saya takut,belva bakal ngemut jempol sampe gede.makany setiap belva ngemut langsung saya tarik pelan2.memang aga lama,tapi klo kita sabar pasti berhasil

Tri Ikawati
Tri Ikawati -

iya sama nih sama anakku, takutnya kena cacingan..

Ida Rachmawati Najwani
Ida Rachmawati Najwani -

btw...giginya nggak ada yang berubah tetep bagus kok...

Ida Rachmawati Najwani
Ida Rachmawati Najwani -

anakku dari umur 2bln sampe 4th...juga ngeyot jempol...tapi sekarang berhubung dia sudah mengerti malu..alhamdulillah sekarang udah nggak lagi..yang terpenting kita harus sering mengingatkannya...

Arifah Amrullah
Arifah Amrullah -

anak sepupuku juga punya kebiasaan menghisap jempol,kebiasaan nya smakin berkurang setelah jempol nya di beri plester/hansaplast.....

Rexy M Mely
Rexy M Mely -

putra saya dah umr 3th3bln smp skrg msh isep jempol...dlu waktu kecil saya lepas klo lg ngisep jempol..kecuali pas waktunya makan ato nyusu...akhir nya smp skrg klo dia haus, minta susu pasti setelah bilang "mama susu.." trus ngemut jempol nya...bahkan sampe ada benjolan di jmplnya krn di emut trus x yaaa...

Baniah Sri Handayani
Baniah Sri Handayani -

ya mnghisap jempol susah banget ngilanginnya

SUSI LOWATI
SUSI LOWATI -

TERIMAKASI PAKAR IBU DAN BALITA

Fitriah Rohmah
Fitriah Rohmah -

bisa dialihkan dengan permainan yang baru agar tidak isap jempol dan membari penjelasan agar anak tidak isap jempol lagi,memang anak saya suka isap jempol kalau mau tidur dengan memegang ujung bantal yang dia suka,sekarang umurnya 8bln.

Vitry Bunda
Vitry Bunda -

Umurnya berapa sih?
Dulu putri saya juga seperti itu, dia berhenti setelah usia 1 tahun.
Saya alihkan perhatiaanya, kalau dia mulai kelihatan menghisap jempol langsung saya usahakan agar perutnya kenyang.

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Dalam logika psikologi, menghisap jempol artinya anak membutuhkan rasa nyaman. Artinya, supaya anak bisa menghilangkan kebiasaan ini, anak perlu jadi dekat dan merasa nyaman dengan orangtuanya. Kalau orangtuanya sering mengomel atau menghukum, sudah tentu anak perlu pelampiasan lain yang dirasa aman. Di sisi lain, anak mungkin juga merasa tak nyaman jika orangtua terlalu permisif dan menurut pada kemauan anak, juga jika orangtua terlalu cuek pada anak.

Alasan lain adalah karena anak butuh stimulasi. Anak2 seperti ini hanya mengisap jempol ketika dia sedang bosan dengan kegiatannya. Jika ini alasannya, orangtua perlu mengganti kegiatannya saat itu dengan kegiatan lain. Misalnya ketika anak bosan bermain balok dibentuk rumah, tunjukkan bahwa balok juga bisa dimainkan sebagai ’sayur2an’ atau membentuk bunga raksasa, dll. Atau sekaligus alihkan ke mainan / kegiatan lain lagi.

Supaya proses menghilangkan kebiasaan ini berjalan lebih menyenangkan, cobalah sambil banyak bermain dengan anak. Ketika anak tiba-tiba menghisap jempol, jangan dikomentari apapun tentang ’penghisapan jempol’ ini (semakin dikomentari, anak semakin sadar bahwa menghisap jempol dilarang, tapi dia juga semakin sulit untuk melepas jempol dari mulutnya), tapi cobalah untuk mengajak mengobrol dan bermain untuk mengalihkan perhatiannya sambil menarik perlahan jempol anak dari mulutnya, bisa dialihkan memegang benda lain. Usahakan anak tak terlalu merasa tangannya ditarik, jadi perlu sekali orangtua membuatnya merasa asyik dengan permainan atau obrolan. Semakin dia merasa tangannya ditarik, tentunya anak akan semakin menolak, dan justru jadi lebih berusaha menghisap jempolnya.

Perlu diingat, ini tidak bisa diharapkan hanya dalam beberapa hari saja kebiasaannya sudah hilang. Mungkin akan perlu waktu mingguan bahkan bulanan agar kebiasaan ini hilang. Tapi semakin dia merasa nyaman dengan orangtua dan semakin banyak ’kesibukan’ anak, tentunya kebiasaan ini semakin menghilang.

Selamat mencoba!

Nelfira Permadi
Nelfira Permadi -

halo bunda nursobah...
menghisap jempol sama halnya dg menghisap mpeng atau kecanduan ngedot....susah ngilanginnya,,dan klo sikecil tdk mendapatkannya,,dia pasti rewel..
ibu alihin perhatiannya pelan2,,mgkin dg membelikan mainan yg lbh mengeksplorasi jari,,shgga dia bisa sdkit lupa..jngn mmberhentikan scra mendadak bu,,nanti bisa menimbulkan mslah perasaan...smbil trs diberi pengertian klo mnghisap jempol itu tdk baik,,mgkin ibu bs beragumen 'nanti klo jempolnya habis gimana???,,hehe....gd luck..

Leonora Febriany
Leonora Febriany -

bun, si ade udah umur berapa...
kalo dah besar, coba kasih sambiloto aja .. rada pahit kan tuh..

maaf kalau tidak membantu ya, bunn ^_^