Hai Bunda, daftar disini

Disah Ekowati

Disah Ekowati

Umum

Anak Usia 1 tahun

Anak Usia 1 Tahun

Pertama Berjalan
Pada usia ini, bersiaplah Anda akan menerima surprise, ketika anak Anda tiba-tiba mulai bisa melangkah. Dalam beberapa bulan kemudian, Ia sudah bisa menaiki tangga sendirian, meski kadang masih dengan merambat pada pegangan tangga, dan campur merangkak, tetapi ia sudah bisa melakukan semuanya itu sendirian.

Anda cukup mendampinginya, berjaga-jaga jika kemungkinan ia terjatuh dari tingkah polahnya yang kian aktif. Jangan sampai ketinggalan momen dengan kamera Anda.

Pada usia ini, Si Buah Hati tiba-tiba akan mengambil celananya sendiri, dan dengan trial and error ia akan mencoba memasukkan kakinya ke dalam celana satu persatu. Siap-siaplah mendapat aksi bagus.

Bermacam-macam Permainan Baru
Syaraf-syarat motorik anak Anda kian berkembang. Dia semakin aktif, dan itu merangsang perkembangan otot-otot sehingga sendi-sendi semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik. Dia juga akan mulai mengenal lebih banyak permainan.

Kadang dia akan sedikit menjengkelkan, karena hanya dia sama antara 5-10 menit, meski sedang ditanyakan atau diminta perhatiannya. Ia sibuk dengan mainannya.

Ia sudah mulai mengerti bagian-bagian tubuhnya. Dia sudah mampu menunjuk ketika ditanyakan, 'mana hidung,' Interaksi sosialnya makin berkembang. Pada periode ini kadang ia juga berkembang menjadi pemalu.

Ia tetap ingin selalu dekat dengan Anda. Dan bila Anda memintanya mencium, mungkin dia sudah mau. Ia juga sudah mampu menguasai beberap kata sederhana, dan tahu artinya.

Bayi usia 1 tahun, banyak yang sudah tidak 'ngiler' lagi, kecuali ia sedang konsentrasi pada suatu mainan baru, sehingga lupa pada dirinya.

Buah Hati Anda akan senang sekali mendorong, melempar, dan merobohkan segala hal yang ada di sekitarnya. Dia mungkin akan memberi Anda mainan, dan mengajaknya ikut dalam keasyikan permainannya.

Dia suka permainan, dimana ia bisa menaruh mainannya pada suatu wadah, dan kemudian membongkarnya lagi, dengan menghambur-hamburkannya keluar.

Jika di sekitarnya ada barang-barang yang bisa menimbulkan bunyi, seperti panci atau mangkuk, ia akan memukul-mukulkannya agar bisa menimbulkan suara-suara yang keras dan ramai. Ia menikmati kegembiraan ini.

Ingat, Ia adalah Sosok Individu
Setiap anak adalah unik, dan masing-masing mempunyai tonggak sejarah perkembangannya sendiri-sendiri. Garis perkembangan setiap bayi sebenarnya sama di tiap urutan perkembangannya, dan masing-masing akan melewati, meski dengan waktu berbeda, dan menunjukkan keunikan masing-masing.

Cepat atau lambat, seseorang pasti akan melawati tahap-tahapnya. Tetapi bagi anak yang lahir prematur, akan dibutuhkan sedikit tambahan waktu lebih lama dibandingkan anak-anak yang lahir normal.

Komentar
1 Komentar
Emma Roslina Dewi
Emma Roslina Dewi -

nice info, bun....