Hai Bunda, daftar disini

Dini Widayanti

Dini Widayanti

Umum

Anak Suka memukul Kepala sendiri

Bunda yang baik, anak saya Hasna, 16 bln.
Ia mempunyai perangai yang agak mudah tersinggung, setiap kali ia kesal, stress, atau keinginannya tidak dituruti ia sering memukuli kepalanya sendiri. saya sangat khawatir, bagaimana ya solusinya agar kebiasaannya tersebut berhenti.?
terimakasih.

Komentar
4 Komentar
PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Bunda, saya rasa anak 16 bulan belum punya ‘mudah tersinggung’ deh. Tapi memang mungkin saja dia marah karena keinginannya tak dituruti. Ada beragam alasan mengapa ia seperti ini, yang pasti ini jangan dibiarkan karena (terutama kalau pukulannya keras) bisa berpengaruh negatif untuk perkembangan otaknya.

Mulai sekarang, untuk menolak permintaannya, jangan cuma bilang tidak boleh, tapi segera alihkan saja ia untuk kegiatan lain. Contohnya, kalau ia minta menonton TV (soalnya TV kan sama sekali dilarang nih buat anak di bawah 2 tahun), daripada melarangnya, lebih baik langsung ajak anak bermain yang lain. Semakin pintar Bunda mengalihkan (semakin Bunda berpengalaman mengurus anak dan semakin sering Bunda menimba berbagai ilmu dan pengalaman di website ini, tentunya semakin pintar kan), tentunya anak tak akan sampai marah.

Apapun yang terjadi, kalau memang apa yang ia minta tidak dibolehkan di awal, ya jangan sampai dibolehkan belakangan. Jadi, pintar-pintarlah juga untuk memilah mana yang boleh dan mana yang tak boleh. Kalau sudah tak boleh, ya jangan dikabulkan. Kalau sudah boleh, jangan kemudian dilarang. Jangan sampai, gara-gara dia pukul kepala, lalu jadi dibolehkan. Soalnya dia nantinya akan punya pikiran bahwa dia bisa mendapatkan apa yang diinginkannya gara-gara pukul kepala.

Sri Artina Sirwan
Sri Artina Sirwan -

ajak anak bermain dgn kelembutan, setidaknya dia tidak akan mengalami ketegangan, dan seringlah didampingin jgn biarkan sendiri jadi kalo dia mau memukul kepalanya bisa di alihkan ke yg lain misalnya ke permainannya

Ita Karolina
Ita Karolina -

wah anak sy banget tuh dulu..
alhamdulillah skrg dah enggak lagi.
biasanya klo dia maksa minta sesuatu n qt ga bolehin langsung keluar keselnya. jd klo mo ngelarang sesuatu, qt harus sediakan penggantinya (pelipur lara hehe), misal : ga boleh makan kacang krn lagi batuk, qt ganti sama keju yg dia jg doyan. klo qt bilang "kakak jangan makan kacang, ntar batuk" wah bisa ngamuk tuh dia. tp klo qt siasati dengan "kakak makan keju aja yah, kan lagi batuk. ntar klo udah ga batuk, boleh makan kacang lagi, dikit ya.."
qt musti ngerti bener klo dia lg marah jgn kebawa emosi
qt bilang : "kakak kesel yah..ya deh ummi minta maaf ya, ummi sayang kakak, makanya kacangnya disimpen dulu, kan kasian tenggorokannya ntar grrookk grrook batuknya, sakit deh,." biasanya dia luluh klo qt ngomongnya dengan banyak ekspresi kasih sayang

trus kebiasaan mukul kepalanya dialihin juga, "klo kakak kesel tarik idungnya aja biar mancung, klo pukul kepala ntar pusing, kasian kepalanya"

Nova Astoria
Nova Astoria -

Jgn sampe ank stres,krn itu kebiasaan,,coba alihkan dgn kebiasaan laen kalo pas ank ank anda stres..tp mgkn bsk akn hlg dg sndrinya..