Hai Bunda, daftar disini

Elsa Sulistiyani

Elsa Sulistiyani

Umum

Amankah Anak anak Minum Kopi ?

Bukankah kopi mengandung kafein, yang dapat memicu jantung untuk berdetak lebih cepat? Benarkah laporan bahwa kafein bisa menghambat pertumbuhan dan menyebabkan adiksi?

Kepala koresponden medis dari stasiun NBC, Dr Nancy Snyderman, mengatakan bahwa bahaya minum kopi pada anak-anak lebih mendasar. "Kafeinnya saja tidak akan mencederai Anda, kecuali membuat Anda terjaga, membuat Anda insomnia, atau membuat Anda sedikit tegang," tutur Snyderman pada Matt Lauer di acara Today. "Efek kafein sedikit lebih terkonsentrasi pada anak-anak dan kita tahu bahwa jika kita berhenti minum kopi, kita merasa pusing. Maka, anak-anak pun mungkin akan merasa pusing dan tidak tahu apa sebabnya."

Selain soal kafein, yang perlu diingat juga adalah kandungan gula dan kalori yang terdapat pada mochaccino atau frappuccino (yang umum dipilih anak-anak). Beberapa jenis minuman ini memiliki lebih dari dua kali kalori kosong dalam soda. Salah-salah, anak justru akan mengalami obesitas dan bukannya mengalami pengaruh dari kafein.

Tentu, sesekali menikmati mochaccino tak ada salahnya. Snyderman memberikan tips untuk Anda jika si kecil menggemari kopi:

* Jangan membeli kopi secara rutin. Sekali atau dua kali seminggu sudah cukup atau sesering Anda membelikannya es krim. Jangan memberikan minuman ini setelah makan malam karena bisa membuat anak sulit tidur.
* Jadilah role model yang sehat untuk anak. Bagaimana anak tidak ingin mencicipi kopi bila Anda terus-menerus mengajaknya ke kedai kopi?
* Berikan pilihan lain yang lebih sehat, seperti jus buah atau susu cokelat yang bisa memberi manfaat kalsium untuk anak.

Komentar
4 Komentar
Herningsih Lamboro
Herningsih Lamboro -

trim ya bun atas tips kopinya.

Elsa Sulistiyani
Elsa Sulistiyani -

bunda eka : kalau gak sering dan tidak berlebihan boleh saja bund, ok like u
bunda queisha : salam kenal like u too

Eka Phoe
Eka Phoe -

saya pernah membaca sebuah resep yg menyebutkan bahwa minum kopi pada anak dapat mencegah step atau kejang. tapi takarannya satu sendok dan tidak boleh sering.... jadi gmna dong?

Bundanya Queisha Aletha
Bundanya Queisha Aletha -

Bunda Elsa trimakasih untuk tips kopinya..............