Hai Bunda, daftar disini

Eko Ariyanti

Eko Ariyanti

Umum

AGAR SISTEM IMUN ANAK MENINGKAT..

Musim flu yang terjadi karena perubahan cuaca tentu membuat kita sebagai orangtua merasa khawatir. Anak-anak mudah sekali terserang penyakit batuk, pilek, demam karena perubahan cuaca. Padahal mereka baru saja kembali bersekolah setelah menjalani libur akhir tahun ajaran.

Sebenarnya ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini. Sistem kekebalan tubuh anak masih "naif" karena belum berkembang dengan sepenuhnya terhadap infeksi yang umum terjadi karena mereka belum terkena kontak yang cukup.

Paparan terhadap infeksi sebenarnya menjadi latihan bagi sistem imun untuk melawan ancaman baru. Menurut studi, anak yang sehat akan mengalami delapan hingga 12 infeksi virus yang umum sepanjang tahun.

Agar anak tak mudah terserang penyakit berikut beberapa tips yang kami kutip dari She Knows untuk meningkatkan sistem imun anak:

1. Cuci tangan
Banyak infeksi yang terjadi karena penularan melalui mulut serta hidung karena jari yang tidak bersih. Ajarkan semua anggota keluarga pentingnya mencuci tangan secara teratur dengan benar.

2. Memelihara sistem imun
Tidur teratur dalam waktu cukup, mengonsumsi makanan bergizi secara seimbang, menjaga tubuh agar tak kekurangan cairan dan melakukan aktivitas fisik dengan teratur merupakan cara untuk memelihara sistem imun. Semua aktivitas itu akan meningkatkan sistem imun si kecil serta keluarga Anda Moms!

3. Pencegahan penularan
Ajarkan pada anak untuk menutup mulut ketika ia batuk atau bersin. Gunakan sudut lengan untuk menutup mulut agar kuman tak menyebar ke tangan.

4. Istirahat
Jika si kecil akhirnya terkena flu, pastikan si kecil beristirahat dan berikan sup ayam untuk menyembuhkan demamnya. Dengan beristirahat sistem imun tubuh akan memfokuskan energi yang mereka miliki untuk melawan penyakit.

Jika langkah diatas sudah dilakukan dan si kecil tak kunjung sembuh, segera kunjungi dokter.

Komentar
2 Komentar
MUGI RAHAYU
MUGI RAHAYU -

hehe kalau gini masih perlu multivitamin nggak ya bun?

Nurul Hanim
Nurul Hanim -

minum vitaminnya jangan lupa yah.......