Hai Bunda, daftar disini

Shirley Thiorysia

Shirley Thiorysia

Umum

Adakah solusi untuk anak yang hanya mau minum susu?

Anak pertama saya William (2,5thn) dan anak kedua saya Vincent (16bln) suka sekali minum susu hingga tidak mau makan. William lumayan mau makan, tapi pilih2, kalau lagi ngga mau makan,pasti minta susu. Yang paling parah si vincent. Dia sama sekali ngga mau makan. Kalau dikasi nasi atau makanan utama, pasti cuma dimakan 1-2 suap saja, sesudah itu 'dilepeh', padahal saat usianya masih dibawah 1thn dia doyan banget makan, apa aja masuk. Tetapi saat usianya beranjak 1tahun, mulailah ia melepeh makanannya. Jadi mau tidak mau saya memberikannya susu sbg pengganti nasi. Ohya, mereka terutama sekali mendapat asupan susu lewat tidur malam, bisa sampai 3-4 kali minum @200ml. Adakah yang punya solusi bagaimana mengatasi kebiasaan mereka ini? Apakah kebiasaan ini berdampak buruk buat perkembangan mereka? Terima kasih.

Komentar
4 Komentar
Dwi Handayani
Dwi Handayani -

Tidak mau makan bisa disebabkan karena terlalu banyak minum susu. Sebaiknya kurangi susu dan jangan berikan susu disaat jam makan (minimal 1 jam)

Wahyu Ning Tyas
Wahyu Ning Tyas -

Anak saya(19bln)jg gt susah mkn.Awalnya saya stres tp krn rata2keluhan bunda2seIndonesia bgtu saya jd lega.Trnyata bkn anak saya saja.Saya tnya bidan anak saya ktnya itu wjr ndak mau mkn psti susunya jln trs.Yg mengkhawatirkan klo anak kita gak mau mkn juga gak mau mnm susu.Trs prtnya diisi apa?Wlpun bgtu saya brsha agar anak saya mau mkn.Dr vitamin sampek jln2.Lmyan dia mau mkn sambil melakukan hal2yg ia suka.Jd lupa klo ia mkn.Msk trs deh suapan demi suapan.Coba deh!Tp hrs tetep sabar ya Bun!

Rita Gunawan
Rita Gunawan -

susah makan sepertinya hal yang paling disukai anak-anak, makan adalah rutinitas yang membosankan buat anak terutama yang sudah aktif-aktifnya, anak saya warren sebelum 1.5 th doyan banget makan yang nyuapin sampai semangat banget semua makanan bergizi diolah jadi satu, tetapi sekarang sudah 2 tahun susah juga, awalnya saya stress, makanan selalu dilepeh, divariasi macam-macam tetap aja dilepeh, dibilang sakit ya tidak pernah karena dalam 6 bulan tidak pernah sakit, tidak pernah demam atau kedokter, tumbuh gigi saja tidak demam, akhirnya saya temukan solusinya anak saya suka makan sambil gigit kerupuk, ya sudah saya kasi, satu gigitan untuk satu suapan (ukuran krupuk udang yang saya kasi kecil) jadi walaupun berkali-kali gigitan tetap saja tidak berlebihan, anak saya juga tidak akan melepeh makanannya kalo makan sambil jalan-jalan (awalnya saya mengikuti teori di buku-buku kalau makan jangan jalan-jalan, biasakan anak sedari dini, saat makan ya makan), tapi kenyataan dilapangan kalo sambil jalan-jalan makanannya ditelan ya sudah teori terkadang juga tidak selalu tepat, anak saya juga tidak akan melepeh makanannya kalo makan sambil metik buah,daun di kebun ya sudah saya ikutin yang penting dia makan, tidak kekurangan gizi, sehat.. sekarang saya mempelajari kesenangannya supaya makanannya ditelan, banyak minum susu juga bagus, bisa juga buat anak sehat dan gemuk , tetapi semakin anak besar harus dilatih bisa menelan nasi, jangan sampai kita mengikuti keinginan dia terus sampai akhirnya usia 3 tahun keatas maunya makan bubur saja diajak ke mal tidak mau makan nasi seperti orang dewasa ,pesannya selalu bubur kan repot juga

Allodia Yuni
Allodia Yuni -

IBU JANGAN TAKUT DAN STRES itu yang utama. saya pribadi punya pengalaman yang sama terhadap anak saya David. mungkin jika ga kuta saya bisa depresi. stres mikir anak yang ga makan dan stres dengerin orang lain yang mencaci dikira saya yang malas.
David usia 8 bulan sudah menunjukan gejala2 susah makan. usia 8 bulan David hanya mau makan MPASI merk tertentu dan rasanya harus beda tiap jam makan. misal pagi ayam sayur siang buah sore sayur sayuran
Usia 9 bulan hanya mau makan telur ayam setengah matang sehari 1x bersykur waktu itu saya punya ayam yang tiap hari bertelur selama 41 hari nostop. begitu David bosan, si ayam STOP bertelur (ini karunia Tuhan buat kami)
umur 1 tahun sampai 3 tahun puasa tidak makan apapun semua jenis biskui, semua jenis karbohidrat baik kentang, makaroni,pasta, nasi dll cuma dicicip saja.
saya bertanya pada Dr Anak apa yang harus saya lakukan karena semua cara sudah saya lakukan semisal membeli madu arab yang harganya muahal (madunya abis, anaknya tetep tidak mau makan)
dan lagi lagi saya harus bersyukur saat itu lagi rame2nya gizi buruk, anak busung lapar ada dimana2 sampai puskesmas di kota saya padalarang memberi bantuan pada anak penderita gizi buruk NAMUN TERNYATA DAVID TIDAK TERMASUK DI GOLONGAN GIZI BURUK karena lingkar kepala, tinggi badan dan berat badan diambang atas untu ukuran anak normal. untuk pertumbuhan syarafmotorik halus, kasar tidak ada masalah tingkat iqnya sangat normal bahkan David sudah bisa menyusun balok usia 12 bulan. membentuk bidang beraturan misal zig zag, garis lurus, kubus usia 13 bulan
mau tau apa yang David konsumsi ?
SUSU FORMULA sehari David bisa 300-400gr malam (mungkin karena lapar) David bisa sampai 5 botol
supaya lambungnya tidak terlalu kosong saya campurkan bubur bayi untuk usia 4bl (aturan sekarang usia 6bl) kedalam susunya dengan perbandingan 1:4 1 bubur 4 susu karena jika kerasa buburnya David tidak mau minum.
bersykur saat usia 3 tahun makannya mulai pulih dan kini usai hampir 6th makanya lahap semua jenis makanan dia makan, terutama jika itu berbahan dasar terigu dan gandum.
nah Ibu.... sudah agak lega dengar cerita saya?