Hai Bunda, daftar disini

Lannie Budiati

Lannie Budiati

Umum

8 cara agar terhindar dari mimpi buruk

Apakah Bunda termasuk orang yang sering mendapatkan mimpi buruk? Mengesalkan tentu jika hal ini terus menimpa Anda. Terlebih bila Anda butuh tidur nyenyak untuk aktifitas rutin esok harinya.

Mimpi buruk sepertinya tak bisa dihindari, Anda tidak tau kapan Anda akan mendapatkan mimpi buruk.

Namun sebenarnya mimpi buruk itu bisa dihindari. Mimpi buruk biasanya disebabkan oleh kejadian yang bisa membuat Anda trauma, seperti kehilangan orang yang dicintai atau stress.


Ikuti 8 tips berikut ini:

1. Rileks sebelum tidur

Lakukan meditasi dengan mandi air hangat, minum teh herbal atau dengan melakukan peregangan ringan. Hal ini membantu agar Anda merasa nyaman sesaat sebelum tidur.


2. Bersihkan pikiran

Sebelum tidur, bersihkan diri Anda dari pikiran dan rasa khawatir yang negatif. Tulis masalah yang Anda hadapi dan cari solusinya. Lalu lihat daftar itu keesokan harinya.


3. Jangan sekali-kali menyaksikan berita malam, terutama film horor atau tayangan kekerasan sebelum tidur

Hal ini untuk menghindari Anda berfikir tentang tontonan tersebut, hingga menyebabkan pikiran itu terbawa saat Anda tidur.


4. Minum susu dan yoghurt

Baik susu dan yoghurt, keduanya mengandung kalsium dan triptophan, yang dapat memberikan efek rileks.


5. Hindari makanan berlemak dan berbumbu

Mengkonsumsi makanan ini sebelum tidur bisa menyebabkan perut kembung dan sakit perut. Hal ini tentu saja tidak membuat Anda merasa nyaman saat tidur. Hasilnya mungkin saja Anda akan bermimpi buruk.


6. Hindari rokok dan obat-obatan

Nikotin dipercaya bisa mempengaruhi masalah susah tidur. Hentikan juga pemakaian obat-obatan yang tidak membawa pengaruh pada kesehatan dan kesadaran Anda.

7. Buat daftar mimpi buruk

Buatlah semacam daftar tentang mimpi buruk yang pernah Anda alami dalam waktu tertentu, lalu hubungkan mimpi itu dengan kehidupan yang Anda alami sebelumnya untuk mencari penyelesainnya.

8. Jangan lupa berdoa

Ini sangat penting sebelum tidur. Menyerahkan kepada Tuhan Yang Mahakuasa atas segala raga dan pikiran Anda. Seakan Anda pasrah apapun yang terjadi saat Anda tidur.



Semoga malam-malam Anda bisa dilewati tanpa harus bermimpi hal yang buruk, dan Anda memulai hari dengan rasa segar dalam raga dan pikiran Anda.

Semoga bermanfaat! [mor]



Sumber : Inilah

Komentar
0 Komentar