Hai Bunda, daftar disini

Emma Roslina Dewi

Emma Roslina Dewi

Umum

7 Kiat Atasi Anak Susah Makan

Bunda... ini ada artikel menarik yang mungkin bermanfaat bagi bunda-bunda...

ANAK susah makan menjadi kerumitan tersendiri bagi banyak orangtua. Berbagai cara diupayakan agar nutrisi dari makanan tetap diasup dan anak bisa tumbuh sehat.

Untuk Anda yang sedang mengatasi kesulitan makan si kecil, simak tujuh berikut:

Luangkan waktu untuk menyuapi anak

Bagi Anda yang bekerja, luangkan waktu sebentar saja, tapi berkualitas untuk menyuapi anak. Sebab, sebenarnya anak-anak sangat mengerti bila ibu atau bapaknya bekerja.

Buat suasana hatinya tenang dan nyaman dahulu

Berikanlah kepuasan psikis kepada anak yang sesuai dengan usianya dan buatlah agar suasana hatinya senang, misalnya anak makan sambil jalan-jalan, melihat kereta api, dan lain-lain.

Variasikan menu makan anak

Anak tidak mau makan mungkin karena bosan. Jika perlu, buat menu makan anak minimal selama sepekan untuk mempermudah mengatur variasi makan.

Sajikan secara menarik

Jangan mencampuradukkan makanan. Pisahkan nasi dengan lauk-pauknya. Hias dengan aneka warna dan bentuk. Jika perlu, cetak makanan dengan cetakan kue yang lucu.

Jangan beri camilan padat kalori jelang jam makan

Hal itu mengakibatkan anak tidak merasa lapar. Seperti memberinya permen, minuman ringan, cokelat, hingga camilan ber-MSG. Akibatnya, ketika jam makan tiba, anak sudah kekenyangan.

Hindari minum susu terlalu banyak

Susu di banyak keluarga dianggap sebagai makanan dewa yang bisa menggantikan makanan utama, seperti nasi, sayur, dan lauk-pauknya. Orangtua cenderung kurang sabar memberikan makanan kasar. Atau orangtua sering takut anaknya kelaparan sehingga makanan diganti dengan susu. Akhirnya, daripada perut si anak tidak kemasukan makanan, diberikan saja susu secara berlebihan.

Libatkanlah anak untuk menyiapkan makanan

Misalnya dengan meminta pertolongannya untuk mengambilkan buah atau sayur di pasar swalayan maupun membantu menyiapkan meja makan. Selain itu, anak Anda memerlukan contoh dari orangtuanya.

Komentar
1 Komentar
Yuni Murtiana
Yuni Murtiana -

artikel bagus...banget bunda.....sangat bermanfaat
i like it......
lam kenal bunda....