Hai Bunda, daftar disini

Iin Aniqoh

Iin Aniqoh

Umum

11 Kesalahan Dalam Cara Mendidik Anak

Cara mendidik anak yang salah akan berakibat fatal di masa depannya. Apalagi anak adalah generasi masa depan yang akan menentukan peradaban nantinya. Untuk itu, kita harus mempunyai bekal yang banyak untuk mengetahui cara mendidik anak yang benar.

Kesalahan Dalam Cara Mendidik Anak

Cara Mendidik Anak
Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang mungkin terjadi dalam cara mendidik anak anda (diambil dari buku At-Taqshir fi Tarbiyatil aulad : al-Mazhahir, Subulul Wiqayah wa ‘Ilaj karya Muhammad bin Ibrahim al-hamd) :



Mendidik anak dengan dimanja dan hidup tanpa aturan, serta bersuka ria.Akibatnya anak akan tumbuh dan terbiasa dengan hidup mewah, egois, dan mementingkan diri sendiri.
Terlalu bersikap keras dan kasar dari yang sewajarnya.
Hanya memperhatikan aspeks penampilan saja.
Membeda- edakan (tidak berlaku adil) di antara mereka.
Berada lama di luar rumah. Apalagi dengan lingkungan yang tidak kondusif, sehingga anak mudah terpengaruh dengan kenalakan, dan hal – hal yang tidak baik.
Mendatangkan kemungkaran dan hal – hal yang tidak baik ke dalam rumah.
Banyaknya problema diantara kedua orang tua.
Mengabaikan bacaan anak – anak.
Membiarkan anak – anak melakukan perbuatan negatif.
Sedikit perhatian orang tua dalam memilihkan sekolah bagi anak – anaknya.
Bersikap masa bodoh atau meremehkan pendidikan anak, sehingga pendi
Beberapa hal di atas juga senada dengan ungkapan para ahli modern saat ini :

Menurut Professor Robert Billingham, Human Development and Family Studies – Universitas Indiana, “Anak terlalu banyak bergaul dengan lingkungan semu diluar keluarga, dan itu adalah tragedi yang seharusnya diperhatikan oleh orang tua”. Nah sekarang tahu kan, bagaimana menyiasatinya, misalnya bila anak Anda berada di penitipan atau sekolah, usahakan mengunjunginya secara berkala dan tidak terencana. Bila pengawasan Anda jadi berkurang, solusinya carilah tempat penitipan lainnya. Jangan biarkan anak Anda berkelana sendirian. Anak Anda butuh perhatian.

Menurut Billingham orang tua seharusnya membiarkan anak melakukan kesalahan, biarkan anak belajar dari kesalahan agar tidak terulang kesalahan yang sama. Bantulah anak untuk mengatasi masalahnya sendiri, tetapi jangan mengambil keuntungan demi kepentingan Anda.

Judy Haire mengemukakan “banyak orang tua menghabiskan 100 km per jam mengeringkan rambut, dari pada meluangkan 1 jam bersama anak mereka”. Anak perlu waktu sendiri untuk merasakan kebosanan, sebab hal itu akan memacu anak memunculkan kreatifitas tumbuh.

Cara mendidik anak yang benar sejak dini akan membentuk karakter anak yang berkualitas, dan tentunya itulah yang diharapkan untuk bisa membangun masa depan lebih cemerlang.

Komentar
0 Komentar