Kini si Kecil semakin besar, maka si Kecil pun dapat diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI, salah satunya adalah nasi tim saring. Saat si Kecil mulai dapat makan nasi tim saring, ada baiknya Ibu menyiapkan dan membuatnya sendiri di rumah karena lebih banyak manfaatnya dibandingkan Ibu membeli nasi tim instan atau nasi tim siap saji dalam kemasan. Membuat nasi tim saring sendiri sebenarnya tidaklah sulit. Selain lebih ekonomis, Ibu dapat menggunakan bahan-bahan makanan segar yang Ibu dapat pilih variasinya. Selain itu, Ibu dapat mengetahui dengan tepat apa yang diberikan pada si Kecil.

Memilih peralatan yang tepat
Untuk peralatannya Ibu perlu siapkan alat untuk menggiling atau menyaring makanan, seperti saringan besar yang terbuat dari kawat, grinder, blender, baby food maker, food processor dan sebagainya. Penggiling makanan sangat bervariasi, ada yang tidak menggunakan listrik dan ada yang dilengkapi berbagai jenis pisau giling untuk menghasilkan berbagai tekstur makanan pada tingkat kekasaran tertentu. Ibu juga dapat mengatur tingkat kekasaran makanan dengan menggunakan saringan kawat untuk menghasilkan tekstur makanan yang sesuai dengan kesiapan si Kecil. Pilihlah peralatan yang sesuai kebutuhan dan berkualitas baik, sehingga bertahan lama. Bila si Kecil sudah tidak memerlukan alat ini untuk makanannya, Ibu dapat menggunakannya untuk keperluan menggiling makanan lain. Selain itu, Ibu juga perlu memiliki kontainer atau wadah untuk menyimpan bahan makanan yang berlebih dalam freezer, sehingga pastikan ukuran wadah cukup dimasukkan dalam freezer.

Tips memilih peralatan yang tepat
Berikut ini adalah beberapa tips memilih peralatan membuat nasi tim saring untuk si Kecil :
food mill adalah perangkat berupa wadah yang memiliki berbagai pisau yang berbeda untuk menghasilkan tekstur makanan yang berbeda. Cara menggunakan alat ini adalah memutar gagang pisau dengan menggunakan tangan. Dengan alat ini, Ibu dapat mengatur kelembutan tekstur makanan nasi saring. Banyak orang tua menggunakan peralatan ini karena tidak menggunakan listrik.
baby food grinder, adalah perangkat yang dapat digunakan untuk menghaluskan makanan si Kecil, ekonomis dan tidak menggunakan listrik, namun Ibu tidak dapat memilih tingkat kelembutan makanan yang dihasilkan.
hand blender adalah peralatan dengan menggunakan listrik yang dapat membuat makanan si Kecil menjadi bentuk pure seperti pada blender biasa. Namun pada hand blender kita menggunakannya dengan memasukkan ke dalam wadah berisi makanan, sedangkan pada blender biasa kita memasukkan makanan yang akan dihaluskan ke dalam wadah blender.
food processor. Ibu mungkin telah memiliki jenis alat ini yang biasa digunakan untuk menghaluskan daging sebelum di masak. Alat jenis ini mungkin hanya efektif untuk memroses bahan makanan dalam jumlah yang banyak untuk keperluan Ibu memasak, namun tidak begitu efektif untuk melakukan porsi kecil seperti nasi saring untuk si Kecil.
saringan kawat dan sendok. Ibu dapat memperoleh jenis saringan ini di pasar penjual perlengkapan dapur. Alat sederhana dan sangat ekonomis ini dapat digunakan untuk menghaluskan nasi tim saring si Kecil dengan cara meletakkan makanan yang telah ditim ke dalam saringan dan geruslah dengan belakang sendok. Namun, kadang kala lubang kawat saringan terlalu kecil sehingga agak sukar untuk menggerus serat sayur dan daging, sehingga banyak makanan yang tidak tersaring tersisa di atas saringan.
garpu. Alat sederhana ini tentu dengan mudah ditemukan di dapur dan dapat digunakan untuk menghaluskan makanan si Kecil dengan mudah dan ekonomis, seperti kentang rebus, buah avokat, dan pisang.
Pilihlah peralatan sesuai dengan kebutuhan makan si Kecil. Ibu dapat menggunakan peralatan yang sudah ada di rumah. Jika Ibu belum memilikinya, Ibu dapat memilih peralatan yang berkualitas baik dan terjangkau oleh Ibu”

Menyiapkan bahan segar
Pilihlah sayuran dan buah segar secukupnya untuk diolah dalam waktu 1-2 hari. Bila tidak terdapat sayur segar, sayuran beku dapat menjadi pilihan dan bagilah per porsi sekali olah dalam beberapa wadah. Ibu juga dapat memilih sayuran organik yang bebas pestisida. Bagilah daging ayam atau sapi atau ikan dalam 1 porsi sekali masak dalam beberapa wadah atau kantong plastik kecil, sehingga Ibu tidak perlu memanaskan seluruh bahan makanan saat memerlukan 1 porsi bahan makanan saja. Pilihlah variasi makanan untuk menu nasi tim saring agar kecukupan nutrisi si Kecil terpenuhi dari berbagai bahan makanan.

Persiapan lainnya:

  • Cucilah semua bahan yang akan dimasak, baik sayur dan daging atau ayam atau ikan, termasuk beras merah atau beras putih.
  • Bila sayuran dapat dikupas, kupaslah dan potong-potong
  • Buang kulit ayam dan lemaknya, juga lemak pada daging sebelum masuk dalam wadah untuk ditim
  • Siapkan semua bahan makanan dalam satu wadah tahan panas dan masukkan dalam panci kukusan/dandang.
  • Masukkan air matang sesuai kebutuhan tekstur nasi tim saring. Untuk nasi tim saring yang lembut perbanyaklah air, dan kurangi perlahan sesuai dengan keterampilan makan ke tingkat tekstur yang lebih kasar dan akhirnya Ibu dapat hanya memotong-motong bahan makanan hingga ukuran sangat kecil tanpa menggilingnya dengan blender.

Ingatlah bahwa sebetulnya menyiapkan nasi tim saring serupa dengan menyiapkan makan bagi keluarga yang lain, hanya Ibu perlu ’memodifikasi’ tekstur makanan si Kecil. Misalnya menu makan keluarga sup ayam dan tim ayam, dapat diberikan sebagai bagian dari nasi tim saring dengan diblender atau digiling. Yang terpenting adalah Ibu memastikan semua makanan yang diberikan pada si Kecil dalam keadaaan bersih, dimasak dengan baik, dan sesegar mungkin.