Selamat Ibu, karena telah berhasil melewati persalinan caesar untuk dapat melihat sang buah hati yang sudah ditunggu untuk melengkapi kebahagiaan keluarga. Proses panjang dari mulai masa kehamilan hingga masa operasi terbayarkan ketika melihat dan menimang si Kecil untuk pertama kalinya.

Nah, bagi Ibu yang melakukan proses persalinan secara caesar, jangan lupa untuk memberikan perhatian ekstra untuk memulihkan kondisi fisik seperti sedia kala ya. Apalagi, pemulihan setelah persalinan caesar biasanya membutuhkan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan persalinan normal.

Nah, apa sajakah yang Ibu harus perhatikan untuk bisa kembali pada kondisi fisik terbaik? Yuk simak baik-baik tipsnya di bawah ini;

Perbanyak Bergerak

Beberapa jam setelah persalinan, pastinya Ibu akan merasa sakit karena operasi pada bagian perut. Jika Ibu mendapatkan anestasi total pada saat operasi, maka biasanya pada saat pemulihan awal, Ibu belum dapat bisa bergerak banyak karena masih terasa sakit dan pening.

Namun, jika kondisi sudah mulai membaik, maka untuk meringankan dan menghilangkan rasa sakit, selain mengonsumsi obat dari dokter, biasanya ibu dianjurkan untuk menggerakkan bagian tubuh. Berikut adalah beberapa gerakan yang biasanya disarankan oleh tenaga kesehatan:

• Tarik Nafas
Gerakan ini merupakan langkah awal untuk memulihkan fisik Ibu kembali. Gerakan menarik nafas dalam-dalam dilakukan untuk membersihkan lendir yang menumpuk di dada setelah operasi. Agar tak terasa sakit saat melakukannya, Ibu dapat menekan daerah sayatan dengan bantal atau handuk kecil secara lembut dan kuat

• Berjalan Kaki
Untuk bisa berdiri dan berjalan, biasanya Ibu harus dibantu terlebih dahulu oleh perawat atau kerabat. Perasaan lemas dan pusing pasti dirasakan karena Ibu belum terbiasa banyak bergerak setelah operasi. Lakukanlah proses berjalan kaki secara perlahan. Gerakkan pergelangan kaki Ibu terlebih dahulu kemudian cobalah untuk pelan-pelan duduk di tepi ranjang. Jika sudah siap melangkah, turunkan kaki, tetapi jangan paksakan untuk berdiri tegak karena akan membahayakan luka operasi. Jika Ibu sudah merasa lebih baik, tambahkan porsi latihan berjalan ini


Perbanyak minum air dan makan serat

Biasanya Ibu yang melakukan persalinan caesar belum dibolehkan makan dan minum sebelum buang angin atau kentut oleh dokter. Namun, jika sudah diperbolehkan, perbanyaklah minum air putih dan makan-makanan berserat terutama buah-buahan agar pencernaan berjalan lancar.

Merawat bekas luka jahitan

Apapun bentuk sayatan yang dilakukan pada proses operasi persalinan caesar, tetap saja akan meninggalkan bekas jahitan dan rasa nyeri. Biasanya, bekas jahitan akan kering dalam waktu 6-8 minggu setelah persalinan. Nah, agar bekas jahitan dan rasa gatal cepat hilang, simak tips-tips berikut yuk, bu!

  1. Hindari melakukan pekerjaan berat pasca persalinan caesar, agar rasa nyeri tidak menyerang tempat jahitan.
  2. Untuk menghilangkan rasa gatal dan jahitan, oleskan krim khusus luka bekas caesar atau cocoa butter cream, lalu memijat-mijatnya secara perlahan pada daerah jahitan .
  3. Jagalah bagian jahitan agar tetap kering.
  4. Jika keluar nanah pada bekas jahitan (infeksi), segeralah pergi ke dokter. Hindarilah menekan bekas jahitan.

Jika Ibu dengan telaten dan rajin melakukan tips-tips diatas, maka Ibu tak perlu khawatir lagi melewati pasca persalinan caesar.

Salam hangat!