Kulit bayi seringkali masih sensitif terhadap kelembapan popok. Melihat kulit mulus si kecil terkena iritasi, Bunda tentu tak tega. Terlebih lagi jika ia sudah menggaruk-garuk sambil merengek karena gatal. Karena itu, Bunda perlu mengetahui langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi ruam popok.

Hal pertama dalam mengatasi ruam popok tentu saja dengan ganti popok secara rutin, setidaknya tiga jam sekali. Jangan menunggu hingga popok benar-benar basah. Kedua, pilih popok yang nyaman. Jika Bunda memilih popok sekali pakai, pastikan ukurannya pas dan tidak membatasi ruang gerak si kecil. Jika Bunda memilih popok kain, gunakan yang bahannya lembut seperti katun sehingga tidak menimbulkan bekas gesekan pada kulit anak.

Ketiga, ketika mengganti popok, bersihkan dengan pelan dan lembut. Tak perlu menggosok terlalu keras, asalkan semua bagian terbilas bersih. Perhatikan sela-sela bokong dan lipatan paha, bila perlu gunakan kapas lembut dengan air hangat. Untuk bayi perempuan, bersihkan dari depan ke belakang, jangan sebaliknya. Ini untuk memastikan bahwa kotoran dari anus tidak terbawa ke area vagina. Adapun untuk bayi laki-laki, tarik pelan kulup kelaminnya hingga lubang kencingnya tampak, lalu bilas dengan kapas basah. Menjaga kebersihan area-area tersebut sangat penting untuk mengatasi ruam popok.

Keempat, sesekali biarkan area pantat bayi terbuka karena kulitnya juga butuh sirkulasi udara. Jika selalu tertutup, kulitnya akan lembap dan menjadi sarang bertumbuhnya bakteri dan jamur. Kelima, sedapat mungkin hindari penggunaan bedak tabur setelah mengganti popok karena bedak tidak ampuh untuk mengatasi ruam popok. Sebaliknya, jika bubuk bedak bercampur dengan keringat, justru akan memperparah ruam.

Kalaupun Bunda ingin menggunakan obat untuk mengatasi ruam popok, pilih salep atau krim yang mengandung zinc oxide. Balurkan tipis-tipis agar tidak menghalangi pori-pori kulit untuk bernapas. Kemudian, biarkan agak mengering terlebih dulu sebelum ditutup dengan popok. Akan tetapi, pada beberapa kasus, ini saja tidak cukup untuk mengatasi ruam popok. Ada kemungkinan ruam diakibatkan oleh jamur sehingga membutuhkan salep antijamur yang mengandung lotrimin. Jika ruam tak kunjung sembuh, mungkin Bunda perlu mengajak si kecil untuk berkonsultasi ke dokter.