Tidak semua anak dilahirkan untuk menjadi seniman, ilmuwan ataupun pengusaha yang hebat, tetapi hampir semua anak dilahirkan dengan kemampuan dan keinginan untuk menjadi kreatif. Dan semua Ibu dapat membantu anaknya untuk mengembangkan hal ini.
Apapun karir anak anda nanti pada saat ia dewasa, mendorong kreativitasnya dari sejak dini akan membantunya untuk memiliki hidup yang lebih kaya dan lebih memuaskan. Cobalah tips-tips dibawah ini, tetapi Anda bebas menjadi kreatif sendiri dan menciptakan cara-cara Anda untuk mengembangkan kreativitas si Kecil:
Biarkan mereka sedikit “berantakan”. Sifat kreatif harus dibiarkan untuk berfokus pada kreasi, bukan diganggu dengan keinginan agar semuanya rapi. Dan ini terutama sangat penting bagi balita. Berkeras agar crayon mereka selalu ada di kotaknya, atau tangan dan kaki mereka selalu bersih adalah meminta suatu hal yang mustahil. Cara yang mudah adalah menyiapkan tempat mereka berkreasi sehingga mereka bebas mengotori tanpa harus menyusahkan anda. Tutupi lantai dan furnitur dengan kertas koran sehingga ia tidak merusak keindahan rumah anda. Juga, setelah ia selesai, siapkan kain basah untuk menyeka bagian tubuhnya yang tercoret-coret.

Berikan mereka kebebasan. Ingatlah bahwa kreativitas membutuhkan sebanyak mungkin kebebasan dalam berkarya. Tidak ada cara yang salah dalam mereka menggambar, melukis atau mewarnai. Lupakan ajaran zaman dahulu dimana kalau mewarnai tidak boleh keluar garis dan sebagainya. Mengarahkan dan memberi saran terlalu banyak pada si Kecil saat ia berkreasi dapat menghambat kreativitasnya. Biarkan ia berkreasi sesuka hati, tetapi bila ia bertanya atau minta pertolongan, anda selalu siap untuk membantunya.

Jangan mengkritik. Proses dan hasil karya anak anda hanya perlu menyenangkan dirinya sendiri, bukan anda maupun orang lain. Jangan berkata, misalnya ketika ia sedang menggambar untuk neneknya, “Oh, mungkin Nenek tidak suka warna ini atau gambar ini. Bagaimana kalau menggambar ini saja dengan warna ini?” Melakukan yang berbeda adalah tentu saja bagian dari kreativitas itu sendiri. Dan bila anak Anda tidak suka karyanya sendiri, yakinkanlah padanya bahwa karyanya cukup bagus, dan berikan saran untuk ia bisa membuatnya lebih bagus lagi.

Lihat lebih jauh dari cuma coretan saja. Temukan hal-hal yang bisa anda puji dalam setiap karya kreatif anak anda. Walaupun kertas gambar si Kecil hanya penuh dengan coretan-coretan, pujilah cara ia mempergunakan warna atau kertasnya. Tapi jangan terlalu berlebihan sampai anak Anda meragukan ketulusan pujian Anda atau berhenti berusaha untuk menjadi lebih baik lagi.

Koleksi karya-karyanya. Tingkatkan rasa keberhasilan anak Anda dengan menggantungkan gambar-gambar atau karya-karyanya disekitar rumah – ditempel di kulkas dengan magnet, di ruang bermain, di pintu kamarnya, di kaca rias kamar anda, di dekat tempat tidur Anda. Buat “portfolio” dari gambar-gambar kesukaannya supaya ia bisa lihat lagi atau tunjukkan pada tamu. Kalau ia suka bernyanyi atau menari, biarkan ia menampilkannya pada Anda. Tapi jangan memaksanya untuk tampil di depan umum jika ia tidak mau.

Berceritalah. Jangan terlalu bergantung pada buku-buku cerita anak saja, Anda juga bisa bercerita padanya dengan menciptakan karakter-karakter sendiri. Libatkan ia dengan meminta ia untuk membantu menyelesaikan masalah dari karakter-karakter tersebut. Cara yang lain juga bisa dengan tidak menyelesaikan cerita tetapi memintanya untuk menciptakan akhir cerita itu sendiri.

Ajari anak Anda. Membacakan buku cerita yang sesuai dengan umurnya, mengajaknya mendengarkan musik, adalah cara lain untuk mendukung kreativitasnya. Jangan terlalu memaksa, tapi biasakan anak Anda untuk mengenali karya seni, sastra, dan musik untuk mengembangkan kreativitasnya.

Lihat lebih jauh dari bidang seninya. Ada banyak tempat untuk kreativitas anak Anda yang tidak berhubungan dengan bidang seni. Anak Anda bisa pintar bermain pasir (yang nantinya bisa membantu dia menjadi ilmuwan, arsitek, insinyur) atau di dapur, atau bahkan di lemari pakaian (ia bisa menjadi perancang mode). Doronglah kreativitas di setiap bagian kehidupan anak Anda. Anda juga yang akan bangga pada akhirnya.