Orang tua mana pun pasti bangga memiliki anak dengan tubuh berisi yang menggemaskan. Namun, tak sedikit pula orang tua yang khawatir karena buah hati tercinta tampak lebih kurus dibandingkan teman-teman lain sebayanya. Apakah Bunda termasuk salah satu di antara mereka? Jika demikian, jangan khawatir. Ada solusi untuk menambah berat badan anak. Yang perlu Bunda ingat, lain permasalahannya, lain pula solusinya. Lain penyebabnya, lain pula penanganannya.

Misalnya, untuk menangani masalah anak picky eater, Bunda bisa mengakalinya dengan mengkreasikan menu dari bahan makanan favoritnya. Jika ia senang kentang, Bunda bisa membuatkan mashed potato, kentang kukus, kentang goreng, kentang panggang, sup dengan kentang rebus, dan sebagainya. Selain itu, sediakan juga stok camilan sehat agar bisa si kecil santap di sela-sela waktu makan. Untuk menambah berat badan anak, yang perlu diperhatikan bukanlah seberapa banyak porsi yang harus ia makan, tapi seberapa sering ia mengonsumsi makanan sehat.

Kemudian, pastikan juga makanan yang Bunda berikan mengandung banyak zat besi. Karena, kekurangan zat besi sangat berpengaruh terhadap turunnya nafsu makan si kecil. Kandungan zat besi banyak terdapat pada daging dan sayuran hijau. Jus buah segar juga dapat membantu proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Yang terpenting adalah jangan dibarengi dengan teh, kopi, ataupun susu kalsium karena akan menghambat penyerapan zat besi.

Namun, pada beberapa kasus, ada pula anak yang tidak bisa gemuk karena memang sudah merupakan faktor keturunan. Seperti halnya obesitas yang berpotensi menurun pada anak, anak dari orang tua bertubuh kurus juga tidak akan segemuk teman-temanya. Sebanyak apa pun ia makan, berat badannya akan sulit sekali untuk bertambah. Penyebabnya antara lain karena metabolisme tubuh yang cepat sehingga proses pencernaannya pun lebih cepat pula. Jika demikian, Bunda cukup memastikan bahwa si kecil mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi dengan intensitas yang cukup. Batasi jajanan-jajanan yang tidak menyehatkan.

Lain halnya jika si kecil memiliki kelainan medis, Bunda mungkin perlu membawa dia ke dokter. Setelah mengetahui apa jenis penyakitnya, barulah Bunda bisa menentukan langkah penanganannya. Penyakit Celiac, misalnya, merupakan faktor utama yang menghambat penyerapan gizi sehingga pertumbuhan anak jadi ikut terhambat. Anak yang mengidap penyakit ini sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dari gandum atau bahan makanan apa pun yang mengandung gluten karena akan menyebabkan berat badannya turun. Jadi, menambah berat badan anak bukan berarti memberinya asupan sebanyak mungkin. Konsultasikan dulu kepada dokter untuk memastikan asupan apa yang cocok untuknya.