Kebutuhan orang tua untuk menitipkan anaknya saat mereka bekerja terus meningkat. Banyak orang tua merasa tidak yakin dengan jenis tempat penitipan anak yang mereka cari. Seperti apa tempat penitipan anak yang tersedia untuk orang tua, dan keuntungan dan kerugian apa yang didapatkan dari pelayanan seperti ini?

Jenis Penitipan Anak untuk Balita

Jenis penitipan anak yang tersedia untuk balita sangat beragam di berbagai negara dan daerah. Tempat penitipan anak pun kini muncul dengan format seperti taman kanak-kanak, taman bermain anak, playgroup, dsb. Untuk perawatan di rumah, ada yang menawarkan jasa pengasuhan anak untuk orang tua yang sibuk bekerja dan hanya punya sedikit waktu untuk mengurus anak.
Banyak orang tua yang sibuk bekerja memilih untuk memasukkan anak mereka ke tempat penitiipan anak yang dilengkapi dengan fasilitas tertentu seperti pembekalan pelatihan keagamaan, mengasah keterampilan berhitung dan membaca, maupun tempat pengembangan bakat seni dan olahraga. Akan tetapi, dari semua fasilitas yang diberikan oleh tempat penitipan anak seperti ini, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum menentukan pilihan yang tepat untuk menitipkan anak Anda.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya:

Pastikan tempat penitipan anak ini memiliki surat izin usaha dan melakukan pemeriksaan kesehatan, keamanan, kebersihan, ketertiban karyawan dan program-program yang ditawarkan. Karena memiliki surat izin usaha saja tidak cukup, pastikan tempat ini menjalankan pemeriksaan-pemeriksaan tersebut secara teratur. Para orangtua seharusnya rajin memperhatikan aspek apa saja yang diperiksa dan seberapa sering tempat penitipan anak ini menjalankan pemeriksaan beberapa tahun terakhir ini, baik yang diumumkan maupun yang tidak diumumkan. Untuk mengetahui peraturan yang berlaku di daerah tersebut, para orangtua bisa menghubungi badan pelayanan sosial terdekat.
Pastikan bahwa staf pengajar dan pengasuh anak Anda telah menjalani basic training dan pengalaman yang cukup untuk membantu menstimulasi pertumbuhan anak. Para orangtua juga bisa mengecek kualitas tempat penitipan anak dengan melihat tingkat akreditas.
Pastikan juga tempat penitipan anak ini menyediakan mainan yang sesuai dengan umur anak Anda, jadwal bermain dan belajar yang berkualitas, serta terciptanya interaksi yang harmonis dan hangat antara staf pengajar dengan anak-anak merupakan bukti nyata bahwa tempat ini berkualitas dan layak untuk dipertimbangkan.

Tempat penitipan anak yang bagus dengan memenuhi kualifikasi di atas biasanya memasang tarif lebih mahal, karena memiliki staf pengajar professional yang membutuhkan gaji yang lebih besar dan peralatan bermain dan fasilitas pemeliharaan lainnya yang membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Pertimbangan lain yang cukup penting, tempat penitipan anak seperti ini biasanya hanya buka pada jam-jam tertentu.

Bergabung dengan Kelompok Belajar

Selain tempat penitipan anak professional seperti ini, beberapa orangtua ada yang lebih suka menitipkan anaknya di sebuah komunitas bermain atau kelompok belajar yang lokasinya tak jauh dari rumah. Atau sebagai alternatif lain, ada juga yang memilih mengundang pengajar dan pengasuh anak ke rumahnya. Dengan menunjuk salah satu rumah untuk dijadikan markas bermain, para orangtua berkumpul untuk menitipkan anaknya di rumah ini sebelum mereka berangkat bekerja. Namun, alternatif penitipan anak seperti ini biasanya hanya terdiri dari 3-5 anak/rumah, sehingga anak-anak hanya berinteraksi dengan teman dan lingkungan bermain yang itu-itu saja. Hal ini tidak hanya akan memupuk kebosanan, tapi juga membatasi dan menghambat potensi anak untuk berkembang lebih optimal.


Memanfaatkan Jasa Pengasuh Anak

Jika di luar negeri tersedia jasa pengasuh anak yang bisa disewa per jam atau yang biasa disebut nanny, di Indonesia para orangtua lebih nyaman untuk menyewa jasa pengasuh anak dengan sistem bulanan atau yang lebih dikenal dengan baby sitter. Jika tempat penitipan anak hanya tersedia pada hari kerja (Senin-Jumat), maka jasa pengasuh anak seperti babysitter siap membantu para orangtua setiap hari.

Setiap jasa atau tempat penitipan anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Memang sulit untuk menemukan pilihan yang tepat dan sempurna. Namun sebelum menentukan pilihan Anda, pertimbangkan juga hal-hal di bawah ini:

  • Kualitas hubungan. Apakah anak Anda menjadi lebih dekat dengan sang babysitter dan lebih suka menghabiskan waktu dengannya? Apakah pengasuh anak dan tempat penitipan anak-anak ini benar-benar menjaga dan membantu memaksimalkan pertumbuhan anak Anda?
  • Lokasi. Seberapa jauh jarak antara lokasi tempat penitipan anak ini dengan rumah Anda? Dari kantor Anda, dan apakah tempat ini mudah dijangkau oleh kedua orangtua? Karena penting untuk memastikan hal ini ketika dibutuhkan dalam keadaan darurat.
  • Waktu. Berapa jam waktu yang ditawarkan untuk mengasuh dan menitipkan anak setiap harinya? Jika orangtua terlambat mengantarkan anak ke tempat ini, apakah jam belajar dan bermainnya juga akan berkurang?
  • Membuat perjanjian alternatif. Dalam keadaan tertentu, pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan sering muncul: Bagaimana jika anak kita sakit dan orangtua harus tetap bekerja? Bagaimana jika babysitter tiba-tiba harus pulang kampung untuk urusan mendadak? Dan bagaimana jika tempat penitipan anaknya tiba-tiba tutup atau libur?
  • Konsistensi. Untuk Anda yang memilih jasa pengasuhan anak, pastikan bahwa babysitter yang Anda pilih mau dan bisa menjalankan peraturan yang Anda buat tentang pemilihan makanan, mainan dan tontonan, disiplin waktu belajar dan mengajari mereka untuk bisa ke toilet sendiri, dsb. Pastikan juga babysitter ini mau berkomitmen untuk menjaga anak Anda dalam waktu yang cukup lama.


Apapun pilihan Anda untuk menggunakan jasa pengasuhan dan penitipan anak di kala orangtua sibuk bekerja, pastikan anak Anda mendapatkan yang terbaik dari segi pendidikan, pengasuhan, kebersihan, kesehatan dan keamanan.

Sumber:2006. World Book's Childcraft - Guide And Index. Chicago: World Book, Inc.