Cokelat memang cemilan yang sungguh enak. Tetapi ada yang bilang, sebaiknya Ibu hamil tidak banyak makan cokelat karena nanti bisa menambah gemuk badan. Benarkah begitu? Mitos ini belum tentu sepenuhnya benar. Tetapi yang pasti benar adalah kenyataan bahwa ternyata cokelat mengandung banyak manfaat bagi Ibu hamil.

Sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi cokelat bisa membantu mencegah komplikasi kehamilan serius yang dikenal dengan risiko preeklamsia atau tekanan darah yang tinggi dan kelebihan kadar protein dalam urin. Selain itu, cokelat juga bisa membangkitkan perasaan nyaman, senang dan bahagia pada diri Ibu hamil.

Dark chocolate bahkan mengandung zat kimia yang disebut theobromine di mana fungsinya dapat menstimulasi jantung, merilekskan otot-otot, dan memperbesar pembuluh darah.

Nah, Ibu, mulai sekarang sebaiknya tidak perlu merasa bersalah karena suka ngemil cokelat selama hamil. Karena cokelat justru mengandung banyak kebaikan. Berikut adalah beberapa fakta lain mengenai khasiat cokelat untuk Ibu hamil:

• Cokelat mampu menangkap radikal bebas dari dalam tubuh.
• Cokelat bisa menjaga tekanan darah tetap stabil dan pembuluh darah tetap elastis.
• Ibu hamil yang suka ngemil cokelat akan terlihat lebih “happy” karena terdapat senyawa yang mengantarkan rasa bahagia di dalam cokelat.
• Cokelat memiliki antioksidan yang tinggi sehingga baik bagi tubuh.
• Cokelat mampu menurunkan tekanan darah yang akan membuat mood Ibu hamil lebih baik dan lebih stabil.
• Sering mengkonsumsi cokelat bisa merawat kulit Ibu hamil agar lebih halus dan bisa melindungi dari ultraviolet.
• Cokelat bisa meningkatkan daya tahan tubuh Ibu saat kehamilan, sehingga Ibu bisa terhindar dari penyakit.
• Cokelat meningkatkan libido, sehingga Ibu hamil tetap bisa melakukan aktivitas seksual dengan gairah yang cukup tinggi.
• Cokelat mampu membantu mengurangi stres.

Itulah, Ibu, beberapa manfaat cokelat untuk Ibu hamil. Semoga dengan adanya info ini menambah wawasan Ibu seputar positif cokelat.

Tapi perlu diingat juga dalam memilih cokelat, disarankan untuk memilih cokelat hitam yang lebih banyak kandungan cokelatnya ketimbang campuran bahan lain. Selain itu, cokelat hitam biasanya tidak terlalu manis karena mengandung gula relatif sedikit. Hal inilah yang dapat menjaga Ibu agar terhindar dari kegemukan.

Khasiat cokelat untuk Ibu hamil memang luar biasa, namun tentu disesuaikan takaran dalam mengkonsumsinya, jangan juga terlalu berlebihan. Yuuuk makan cokelat!