Makanan sehat berperan penting dalam mempersiapkan kehamilan, di samping gaya hidup sehat dengan rutin berolah raga, menghindari alkohol dan rokok, serta mempertahankan berat badan yang ideal. Di balik makanan sehat sebagai makanan penyubur kandungan, juga terdapat beberapa manfaat yang dapat membantu meningkatkan kesuburan, yaitu :

Kalsium dalam susu dan produknya: susu yang banyak mengandung kalsium tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, tetapi juga berperan dalam kesehatan reproduksi dan kesuburan sel telur Ibu. Selain susu, kalsium dapat diperoleh dari beberapa jenis sayuran hijau, tempe dan tahu yang juga dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Protein hewani: beberapa protein hewani yang terdapat pada daging ayam dan sapi umumnya kaya akan zat besi dan berperan dalam kesuburan. Para ahli menemukan bahwa ibu yang memiliki kadar zat besi yang cukup didalam tubuhnya lebih subur dibandingkan ibu yang kekurangan zat besi. Namun demikian, hendaknya Ibu menghindari daging berlemak dan membatasi konsumsi daging tidak lebih dari 3 porsi per hari, karena kelebihan protein pun dapat berpotensi menurunkan kesuburan. Jika Ibu tidak mengonsumsi protein hewani, pastikan asupan zat besi Ibu tercukupi dari suplemen atau vitamin, dan/atau dari berbagai jenis sayur dan buah.

Karbohidrat komplek yang terdapat dalam kacang-kacangan, sayuran dan roti gandum lebih bermanfaat meningkatkan kesuburan dibandingkan karbohidrat olahan. Nasi putih, roti putih dan kandungan gula dari berbagai snack yang termasuk karbohidrat olahan akan meningkatkan kadar gula darah dan insulin dalam tubuh, sehingga dapat mengganggu hormon reproduksi dan siklus menstruasi. Lain halnya dengan karbohidrat komplek yang lebih lama dicerna dan membantu siklus menstruasi lebih teratur. Selain itu, kandungan asam folat dalam karbohidrat komplek juga membantu meningkatkan kesuburan dan kelak bila Ibu hamil, asam folat bermanfaat mencegah kecacatan tabung saraf pada janin.

Antioksidan, vitamin dan mineral dalam sayur dan buah-buahan dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak, termasuk organ reproduksi dan sel telur.

Asam lemak Omega-3 pada ikan salmon, sardin, telur dan biji labu membantu mengatur hormon reproduksi dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi serta dapat membantu meredakan stres yang dapat mengganggu kesuburan.

Zink yang banyak terdapat pada tiram penting untuk proses pembuahan. Kekurangan zink dapat mengganggu siklus menstruasi dan memperlambat produksi sel telur yang berkualitas. Zink banyak terdapat pada daging sapi, unggas, kacang serta telur dan gandum.


Banyak makanan sehat yang bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan, namun harus dibarengi dengan gaya hidup yang sehat agar tubuh dan rahim Ibu siap menerima dan membesarkan si Kecil buah hati yang Ibu dambakan. Ayo Bu, mulailah mengonsumsi makanan sehat dari sekarang!