Pernah Ibu mendengar anjuran orang-orang tua jaman dulu ini? Begini bunyinya: kalau banyak minum air kelapa muda dari kelapa hijau bisa membuat air ketuban menjadi bersih dan bayi yang lahir juga akan bersih kulitnya, berambut lebat, dan bening matanya.

Meskipun sejauh ini belum ada penelitian ilmiah mengenai kebenaran anjuran tersebut, namun ternyata memang benar air kelapa muda mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi Ibu hamil. Berikut adalah beberapa fakta mengenai air kelapa dan manfaatnya bagi Ibu dan janin:

Elektrolit Alami
Ibu hamil membutuhkan banyak air agar terhindar dari dehidrasi. Air kelapa muda adalah minuman yang cocok untuk ini, karena kaya akan kandungan elektrolit, seperti klorida, magnesium, natrium, dan riboflavin. Selain itu, kalium berperan penting dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Air kelapa muda juga mengandung protein, serat, mangan, dan vitamin C, yang semua itu sangat berperan untuk meningkatkan metabolisme Ibu selama hamil.

Diuretik Alami
Infeksi saluran kemih cukup umum terjadi pada Ibu yang sedang hamil. Untuk mengatasinya, mengonsumsi air kelapa muda berfungsi sebagai diuretik natural. Selain itu, air kelapa juga bermanfaat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh melalui air kencing.

Anti Penyakit
Air kelapa muda bermanfaat untuk menjaga kesehatan Ibu dan bayi dari virus, bakteri dan jamur. Karena air kelapa muda mengandung asam lauric, yaitu asam yang membantu melawan penyakit. Kandungan asam lauric yang ada pada air kelapa sama dengan yang terdapat pada air susu Ibu.

Membantu Pencernaan
Air kelapa dipercaya dapat bermanfaat mengatasi masalah pencernaan. Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung yang membuat pencernaan menjadi lambat. Dengan Ibu minum air kelapa, ini bisa memperlancar pencernaan. Karena air kelapa mengandung nutrisi dan oksigen yang mudah diserap dalam sel tubuh. Selain itu, air kelapa juga dapat meningkatkan fungsi usus dan dapat membantu meringankan konstipasi, mulas, serta gangguan pencernaan lainnya yang sering dialami oleh Ibu yang sedang hamil.

Meningkatkan HDL
Menurut sebuah riset, penelitian air kelapa dapat meningkatkan kolestrol baik (HDL) di dalam tubuh dan tidak mengandung lemak dan kolesterol. Jadi, Ibu tidak perlu takut untuk meminum air kelapa karena air kelapa tidak membuat badan Ibu menjadi lebih gemuk selama kehamilan.

Mencegah Kaki Kram
Seiring usia kehamilan yang bertambah, sebagian Ibu akan merasakan gejala kram pada kaki. Air kelapa bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Karena air kelapa mengandung pasokan kalium dimana selama kehamilan ibu dianjurkan untuk mengonsumsi sekira 4.700 mg kalium. Sedangkan dalam segelas besar (330 ml) air kelapa, terkandung 670 mg.

Nah, ternyata anjuran orang tua zaman dulu ada benarnya juga ya. Namun apabila Ibu masih ragu akan manfaat air kelapa muda, jangan ragu untuk langsung menanyakannya pada dokter atau tenaga medis ketika memeriksakan kandungan Ibu.