Dewasa ini produk mainan anak tersedia dalam beragam jenis dan terbuat dari berbagai bahan. Semakin banyak pilihan, anak pun semakin rewel minta dibelikan ini-itu. Padahal, tanpa perlu mengorbankan uang belanja, Bunda juga bisa bermain kreatif dengan anak. Selain menghibur anak, permainan-permainan rumahan ini juga bisa Bunda jadikan kesempatan untuk membangun hubungan emosional dengan si kecil.

Salah satu cara bermain kreatif dengan anak yang paling menyenangkan adalah bermain peran. Bunda tidak perlu merasa malu untuk mengucapkan dialog-dialog ala anak kecil. Sebaliknya, justru Bunda perlu memancing buah hati tercinta agar ia semakin aktif memainkan perannya. Permainan ini tak hanya dapat mengasah imajinasi anak, tapi juga membantunya mengekspresikan diri dengan lebih baik.

Bermain kreatif dengan anak juga bisa Bunda lakukan dengan mencoba permainan berburu harta karun yang memancing jiwa petualang si kecil. Caranya, sembunyikan mainan favoritnya di tempat terselubung dan minta ia mencarinya ke sekeliling rumah. Ketika ia tampak lelah, ajak ia untuk beristirahat sejenak, tapi semangati terus agar ia melanjutkan pencariannya. Permainan ini dapat Bunda jadikan kesempatan untuk mengajarkan padanya bahwa untuk meraih sesuatu yang ia inginkan, ia harus terus termotivasi. Meskipun sesekali terasa melelahkan, ia tak boleh menyerah dan berhenti.

Selain itu, Bunda juga bisa bermain kreatif dengan anak melalui permainan mengelompokkan benda. Alat termudah yang bisa digunakan adalah permen warna-warni. Misalnya, minta dia untuk mengelompokkan permen berdasarkan warna atau jumlah yang Bunda sebutkan. Permainan ini bisa membantu si kecil dalam usia prasekolah untuk belajar mengenal warna sekaligus menghitung sederhana.

Kalaupun Bunda ingin menggunakan mainan untuk bermain kreatif dengan anak, Bunda bisa memilih mainan yang sederhana seperti puzzle ataupun playdough. Selain harganya yang relatif murah, puzzledapat membantu anak untuk melatih konsentrasi sekaligus mengasah daya ingat, sedangkan playdough membantu anak untuk mengenal bentuk sekaligus meningkatkan kreativitas.