Kebanyakan anak menganggap matematika pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Uniknya, jika ditayangkan di program Sesame Street di televisi, matematika menjadi hal menarik. Hal ini menunjukkan ada sistem pembelajaran, metode dan sarana yang tepat bagi anak untuk belajar matematika.

Berangkat dari fungsi otak yang memiliki kemampuan menyerap informasi yang luar biasa pada seorang anak, Dr. Doman menunjukkan betapa mudahnya mengajar balita matematika dan menjadikan proses belajar matematika menyenangkan bagi anak.

Apalagi kita tahu bahwa pada masa tiga tahun pertama otak balita mengalami perkembangan otak yang sangat pesat. Akibatnya, stimulasi yang diberikan pada masa ini akan merangsang kecerdasannya.

Pertanyaannya, bagaimana Glenn Doman membuat pelajaran matematika menjadi begitu menarik dan menyenangkan?

Tahap pertama, memperkenalkan jumlah. Anak-anak diperlihatkan kartu-kartu putih berukuran 28 x 28 cm dengan gambar dot (lingkaran berdiameter 2 cm) berwarna merah, mulai dari kartu berjumlah dot 1 sampai dengan 100. Untuk memperkenalkan jumlah, cukup dengan memberikan 5 kartu, dengan sangat cepat (2 kartu-1 detik) dan diulang maksimum sebanyak 3 kali sehari.

Tahap ke dua, memperkenalkan persamaan. Kembali kita menunjukkan kartu-kartu dot, misalnya dot berjumlah 7, 5 dan 12, tunjukkan kartu tersebut dengan mengatakan ”tujuh ditambah lima sama dengan dua belas”. Berikan tiga persamaan dalam setiap pengajaran, dan sehari berikan 3 kali pengajaran. Harus dicatat, setiap persamaan tidak diulang lagi.

Tahap ke tiga, memberikan pemecahan masalah. Siapkan kartu dot berjumlah 4, 7, 11 dan 16. Lalu tunjukkan kartu tersebut dengan mengatakan ”Empat ditambah tujuh, sama dengan 11 atau 16?”. Biarkan dia memilih, berikan dia cukup waktu berpikir dan menunjukkan jawabnya. Berikan balita kesempatan untuk menggunakan kemampuannya.

Tahap ke empat, pengenalan angka yang prinsipnya seperti pada tahap 1. Sedangkan pada tahap ke lima, memperkenalkan persamaan dengan angka yang ditulis dalam karton panjang berukuran 10 x 50 cm, dengan berbagai jenis persamaan seperti misalnya 7 + 1 + 11 – 5 + 2 – 4.

Dengan cara yang sederhana, waktu yang singkat, sikap gembira dan menyenangkan, kita dapat mengenalkan matematika kepada balita. Dengan begitu, balita akan mulai menyenangi matematika.

Irene F. Mongkar

Praktisi Glenn Doman