Menjaga imunitas anak di masa pandemi COVID-19 ini memang sangat penting. Sebab, tentu Ibu sangat tidak tega, bukan, melihat sang buah hati jatuh sakit? Rasanya sangat tidak tega melihat tubuh mungil yang biasanya selalu aktif jadi lemas. Celoteh riangnya pun seolah-olah menghilang. Oleh sebab itu, perlu diketahui bahwa salah satu penyebab anak sering sakit adalah karena kurangnya asupan nutrisi maupun gizi seimbang dalam menu harian bayi. Termasuk juga imunitas anak.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Makanan dan sistem imunitas anak memang berhubungan erat. Hal ini dikarenakan 80% sistem imun anak ada di dalam saluran pencernaan. Bila kekebalan saluran pencernaan baik, maka kekebalan tubuh serta imunitas anak secara umum pun akan baik. Dari banyak makanan sumber nutrisi yang dibutuhkan anak-anak, beberapa jenis di bawah ini merupakan sumber yang dapat meningkatkan imunitas anak. 

  1. Protein

    Protein adalah nutrisi makro dengan fungsi utama memperbaiki jaringan sel agar bisa bekerja dengan baik. Zat gizi ini ditemukan di seluruh tubuh termasuk tulang, kulit, otot, serta rambut. Protein juga berfungsi untuk membangun sel dan jaringan dalam tubuh, meningkatkan sistem imun, serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

    Protein terdiri dari bahan pembangun yang disebut asam amino. Dari sekitar 20 jenis asam amino, 9 di antaranya termasuk asam amino esensial (9AAE) meliputi histidin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin. Sedangkan 11 sisanya adalah yang non-esensial. Asam amino bisa dihasilkan oleh tubuh tanpa perlu asupan makanan.

    Kehadiran 9 Asam Amino Esensial (9AAE) sangat dibutuhkan oleh tubuh karena dapat membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh anak. Jika asupan 9AAE kurang, maka akan menghambat tumbuh kembang si Kecil. 

    Artikel Sejenis

    Penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center For Biotechnology Information menunjukkan bahwa kekurangan 1 jenis dari 9AAE akan menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -34%. 

    Bahkan, kekurangan semua jenis 9AAE akan menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50%. Hormon pertumbuhan ini mencakup tinggi badan, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh anak. Asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap bisa Ibu dapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang dapat mendukung tumbuh kembang anak lebih prima.

  2. Omega 3 (ALA)

    Minyak ikan adalah salah satu zat gizi yang mengandung asam lemak kaya manfaat bagi kesehatan, karena mengandung sekitar 25 persen asam lemak jenuh dan 75 persen asam lemak tidak jenuh. Asam lemak tak jenuh ganda di dalam minyak ikan akan membantu proses tumbuh-kembang otak (kecerdasan), perkembangan indera penglihatan, dan meningkatkan daya tahan tubuh anak maupun imunitas anak.

    Minyak ikan mengandung DHA dan EPA, yang gabungan keduanya dikenal sebagai omega-3. Jenis ikan laut yang kaya kandungan omega-3 antara lain salmon, tuna (khususnya tuna sirip biru, tuna sirip kuning, dan albacore), sardin, herring, makerel, dan kerang-kerangan. Omega-3 sendiri sangat penting untuk menjaga imunitas anak sehari-hari.

  3. Vitamin C

    Vitamin C sangat penting peranannya dalam menjaga imunitas tubuhnya karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak atau imunitas anak terhadap infeksi. Vitamin C juga berperan untuk mempercepat penyembuhan luka. Fluktuasi lingkungan yang mengakibatkan kesehatan tidak selalu berada pada kondisi yang optimal, membuat tubuh harus selalu memiliki sistem kekebalan yang baik. Salah satunya adalah oleh asupan vitamin C yang memadai. Asupan nutrisi ini bisa didukung dengan mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ rasa madu karena dapat mencukupi kebutuhan vitamin C sekitar 100% sesuai dengan AKG.

  4. Seng (Zinc)

    Di dalam tubuh manusia, seng merupakan mikronutrien penting yang paling banyak tersebar dan juga merupakan mikronutrien terkaya dalam sel. Seng tersebar di dalam sistem saraf, sistem imunitas, darah, sistem pencernaan manusia, serta dalam penyatuan dan aktivitas ratusan jenis enzim di dalam tubuh.

    Fungsi seng antara lain untuk meningkatkan perkembangan tubuh, menambah inteligensi, memperkuat imunitas anak, meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan pertumbuhan, perpecahan dan regenerasi sel, dan lain sebagainya. Seng banyak terdapat pada ikan, daging, telur, produk makanan hewani lainnya, inti biji buah aprikot, serta buah cemara.

    Tingkatkan imunitas anak dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung seng. Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ rasa madu dapat mencukupi kebutuhan seng harian si Kecil sebanyak 25% sesuai dengan AKG. Jika diminum sebanyak 3 kali sehari, maka kebutuhan seng akan tercukupi sebanyak 75% sesuai dengan AKG.

  5. Kalsium

    Sistem imunitas anak bertugas mengadakan perlawanan terhadap bermacam-macam kuman dan menelan berbagai benda asing yang berada dalam tubuh. Dalam proses membasmi musuh dari luar ini, yang memberi aba-aba kepada sistem imunitas untuk menangkap musuh adalah ion kalsium.

    Sumber kalsium dari hewani antara lain adalah udang, daging sapi, kuning telur, ikan, dan susu. Sedangkan, sumber kalsium dari nabati antara lain adalah sayuran berdaun hijau seperti brokoli, daun singkong, daun pepaya, dan bayam.

    Selain itu, kalsium juga banyak terkandung dalam biji kenari, wijen, almond, kacang kedelai, dan kacang merah. Nah, Ibu juga bisa terus tingkatkan sistem imunitas anak dengan menyuguhkan menu-menu makanan yang mengandung kalsium. Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ rasa madu dapat mencukupi kebutuhan kalsium si Kecil sebanyak 30% sesuai dengan AKG. Jika diminum sebanyak 3x, maka si Kecil akan mendapatkan asupan kalsium sebanyak 90% dari susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ rasa madu.

  6. Madu

    Protein merupakan salah satu nutrisi penting pembangun imunitas anak. Madu merupakan salah satu makanan sumber protein yang mampu menjaga stamina tubuh jika dikonsumsi secara teratur setiap harinya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa madu mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan bakteri dan virus serta berbagai patogen penyebab penyakit, di antaranya:

    • penyakit lambung dan saluran pencernaan
    • penyakit kulit
    • infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)
    • batuk dan demam
    • penyakit jantung
    • penyakit hati
    • penyakit paru
    • penyakit-penyakit yang dapat mengganggu mata, telinga, dan saraf

    Meski memiliki banyak khasiat, madu tidak disarankan untuk diberikan bagi bayi di bawah usia 1 tahun. Ini karena madu mengandung bakteri yang belum dapat dicerna oleh pencernaan bayi. Jadi, meskipun madu juga penting untuk menjaga imunitas anak, Ibu bisa memberikan madu ketika sangat buah hati telah berusia 1 tahun dulu, ya.

  7. Prebiotik inulin

    Prebiotik dapat menumbuhkan bakteri baik dalam sistem pencernaan, mencegah timbulnya alergi dalam tubuh, dan menjaga imunitas anak. Mengonsumsi prebiotik sangat baik dalam memperkuat kekebalan, terutama dalam saluran pencernaan. Bila kekebalan saluran pencernaan baik, maka kekebalan tubuh secara umum juga akan baik. Hal ini dikarenakan sekitar 80% sel imun tubuh ada di dalam saluran pencernaan. 

    Selain berfungsi memelihara bakteri baik, prebiotik secara tidak langsung juga mampu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menekan resiko alergi. Sumber prebiotik dapat diperoleh dari sumber alami, seperti gandum, bawang, pisang, bawang putih, madu, dan kacang-kacangan. Di dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan kandungan prebiotik inulin yang berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan sistem imun tubuh si Kecil. Tingkatkan terus imunitas anak di masa pandemi COVID-19 ini dengan menyeimbangkan asupan nutrisi serta mengonsumsi bahan makanan yang mengandung prebiotik.

  8. Meniran

    Ekstrak daun meniran atau Phyllantus niruri L., adalah salah satu obat herbal yang telah dikembangkan menjadi obat yang membuat sistem imunitas anak lebih aktif dan maksimal menjalankan fungsinya atau disebut imunomodulator. Obat herbal ini kini telah dikembangkan menjadi suplemen imunitas anak yang aman untuk dikonsumsi dan melawan penyakit, bakteri dan virus.

  9. Flavonoid

    Menurut penelitian, susu kedelai umumnya mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin A, dan sejumlah kecil mineral yang sangat tinggi. Ikatan sejumlah asam amino dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya di dalam biji kedelai tersebut akan membentuk flavonoid. 

    Flavonoid adalah sejenis pigmen, seperti halnya zat hijau daun yang terdapat pada tanaman yang berwarna hijau. Secara ilmiah, flavonoid terbukti mampu mencegah dan mengobati serta melawan penyakit. Salah satu jenis flavonoid yang sangat banyak terdapat pada biji kedelai adalah isoflavon dengan fungsinya untuk meningkatkan sistem imunitas anak. 

  10. Spirulina

    Spirulina merupakan sumber protein yang sangat tinggi dan baik untuk meningkatkan imunitas anak. Warna biru pada spirulina berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh. Spirulina kaya akan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, magnesium, seng, selenium, zat besi, dan gamma linolenic acid (GLA).

    Phycocyanin merupakan protein kompleks terbanyak dalam spirulina yang memiliki manfaat bagi kesehatan, antara lain untuk menstimulasi kerja sel batang pada sumsum tulang, produksi sel darah putih, serta meningkatkan daya tahan tubuh anak maupun imunitas anak. Ada juga kandungan sel darah merah yang berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Spirulina juga sangat kaya akan kandungan selenium yang sangat berperan dalam sistem imunitas tubuhnya. 

Tak perlu cemas lagi ya, Bu, saat buah hati mulai menunjukkan tanda-tanda sakit. Ibu bisa mencegahnya berlanjut dengan memberikan nutrisi untuk meningkatkan daya imunitas anak di atas. 

Perlu Ibu ketahui juga bahwa imunitas anak juga dapat terpenuhi jika kebutuhan 9AAE bisa terpenuhi melalui 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar tumbuh kembang anak lebih optimal. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin,

Kehadiran 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi lain sehingga manfaatnya lebih maksimal. Jika kekurangan satu jenis asam amino esensial saja, maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Tapi jangan khawatir, Ibu bisa dapatkan kandungan nutrisi penting tersebut secara lengkap dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+

Kandungan nutrisi di dalam susu bubuk pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya sehingga dapat mendukung potensi tumbuh kembang optimal si kecil. Susu bubuk pertumbuhan  Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3 serta vitamin dan mineral lainnya untuk mendukung potensi si Kecil agar tumbuh kuat dan menjaga kekebalan daya tahan tubuh anak.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.